Tips Mudah Membuat Bento

Tips Mudah Membuat Bento

Orang-orang yang suka dengan budaya Jepang atau yang suka nonton drama jepang maupun yang lainnya pasti tahu apa itu Bento. Yup, Bento atau lunch box dalam bahasa inggris adalah paduan beberapa makanan dalam satu wadah atau biasanya berbentuk kotak yang ditata secara cantik dan rapi. Mulai anak TK, SD, SMP, SMA atau bahkan pekerja biasa membawa bento ke tempat mereka beraktivitas. Hal ini juga bisa mencegah agar anak-anak tidak sembarangan jajan dipinggir jalan yang kebersihannya perlu ditanyakan. Menu yang disajikan dalam bento tentu lebih terjamin keamanan dan khasiatnya dibanding dengan makanan di pinggir jalan. Berikut ini beberapa tips yang bisa menjadi panduan anda dalam mebuat bento anda sendiri.
1.Membagi bahan makanan dalam ukuran yang proposional. Saat ingin membuat bento, hal ini perlu diperhatikan oleh pemula. Misalkan saja buat ukuran 4:3:2:1. 4 bagian untuk nasi, 3 bagian untuk masakan, 2 untuk sayuran, dan 1 untuk dessert. Atau bisa juga dengan cara yang lain yaitu, 1:1. I bagian untuk nasi dan 1 bagian untuk masakan.
2.Menata makanan dalam boks atau wadah. Kita bisa memisahkan makanan yang akan kita masukkan dalam boks dengan penyekat. Kita bisa gunakan penyekat yang bisa dilepas atau pun penyekat permanen. Kita juga bisa membuat penyekat dari makanan itu sendiri. Sesuaikan makanan dengan orang yang akan memakannnya. Bila anak kecil, gunakanlah cetakan lucu hewan atau tumbuhan.
3.Berkreasilah. Jangan takut unutk memadupadankan warna-warna pada bento. Karena inilah letak keunikan dari bento itu sendiri. Jangan takut untuk membentuk bento kalian sedimikian rupa. Misalnya untuk anak-anak, bisa dibuatkan tokoh favorit mereka dengan warna-warna yang cerah. Untuk orang dewasa atau pekerja, kita bisa membuat dengan warna-warna yang lembut dengan menunjukkan ketenangan dalam bento kita.
4.Atur posisi makanan dalam boks. Pertama, masukkan makanan utama (nasi atau yang lainnya). Kedua, masukkan lauk dan tata sesuai porsinya. Ketiga, masukkan sayuran dan atur letaknya. Yang terakhir, masukkan makanan penutupnya. Jika makanan penutup memiliki rasa yang “cukup tajam” pisahkan makanan penutup dengan penyekat agar makanan yang lain tidak “terkontaminasi” dengan rasanya.
5.Atur makanan dengan desain yang kreatif. Tatalah bento dengan bentuk yang unik dan kreatif. Bentuk masakan seperti bola atau semacamnya. Sayuran juga bisa kita ubah menjadi sesuatu yang baru. Kekontrasan warna, tekstur, dan bentuk makanan perlu diperhatikan satu dengan yang lainnya.
6. Jangan menyimpan masakan dengan bumbu yang bertolak belakang. Saat kita menata makanan dalam bento, kita harus memisahkan makanan dengan bumbu yang bertolak belakang. Misalnya salad dengan sambal. Sambal bisa kita letakkan dalam wadah khusus terpisah atau dalam plastik kecil.
7.Potong buah, sayur,  atau keju menjadi bentuk yang lucu. Kita bisa berkreasi dengan menggunakan pisau kecil. Kita bisa menghias buah yang dipotong seperti bintang atau bunga. Sayuran kita bisa gunakan sebagai rambut atau latar belakang bento. Keju bisa kita bentuk menjadi baju atau bunga.
8.Menyimpan saus dan snack serbuk dalam wadah terpisah atau khusus. letakkan saus atau snack serbuk terpisah dari bento. Kita bisa menggunakan botol kecil dengan penutup diatasnya agar menjaganya tidak tumpah. Usahakan menggunakan botol sedikit transparan agar kita tahu apa isinya.
9.Mulailah dengan bento yang sederhana. Kita bisa melihat di buku majalah ataupun buku tentang kreasi bento. Disana pasti ada tips-tips dan cara mudah untuk membuat bento yang sederhana.
10.Jangan lupa perhatikan kadar nutrisi dan kalori dalam makanan. Hal ini tidak kalah penting saat menyiapkan bento. Kita juga harus menjaga porsi kalori dan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Untuk bahan makanan, kita bisa menggunakan daging asli dan kita olah sendiri menjadi bakso atau bentuk yang lain. 

0 Response to "Tips Mudah Membuat Bento"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com