Tips Meredakan Flu Secara Alami

Tips Meredakan Flu Secara Alami
Flu merupakan suatu penyakit yang sangat mengganggu namun sering menghampiri kehidupan kita sehari-hari sehingga tidak heran banyak orang yang mencari obat flu alami. Penyakit flu memang merupakan penyakit paling umum yang menjangkiti manusia. Biasanya penyakit flu disebabkan oleh virus yang sedang menjadi musim di saat-saat tertentu.
Gejala flu jarang mematikan manusia, namun dapat menjadi penghambat produktivitas dan aktivitas sehari-hari. Kondisi seperti batuk, pilek, hidung mindeng dan tersumbat merupakan contoh gejala penyakit flu yang menyebalkan. Artikel ini akan membahas obat flu alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala flu yang mengganggu.
Beberapa Cara Alami Meredakan dan Menyembuhkan Flu yang Bisa Dicoba


1.Ketahuilah Bahwa Tidak Semua Gejala Flu Harus Diobati.

Percaya atau tidak, gejala flu yang mengganggu keseharian Anda merupakan bagian dari usaha tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri. Gejala flu menjadi bukti bahwa tubuh Anda berusaha melawan penyakit tersebut. Mengetahui bahwa gejala flu merupakan suatu usaha tubuh merupakan obat flu alami yang penting. Dengan menghilangkan gejala, kita dapat menghambat sistem pertahanan tubuh untuk melawan penyakit tersebut. Contohnya, demam merupakan cara tubuh untuk membunuh virus karena virus dapat mati di kondisi suhu yang tinggi. Batuk juga merupakan bentuk pertahanan tubuh untuk mengeluarkan kuman dan mencegah kumah masuk ke dalam paru-paru. Jadi sebenarnya gejala flu merupakan hal yang essensial untuk mempertahankan diri.

2.Sering-Seringlah Membersihkan Hidung Anda

Membersihkan hidung dari mukus yang menumpuk merupakan salah satu obat flu paling ampuh. Lebih baik mengeluarkan mukus (ingus) keluar dibandingkan menghirup mukus ke dalam tubuh Anda. Namun cara melakukannya pun harus benar. Caranya ialah menutup hidung sebelah kanan untuk meniup hidung sebelah kiri. Begitu pula sebaliknya. Bila Anda mengeluarkan mukus dengan cara meniup 2 lubang hidung bersamaan maka dapat menimbulkan nyeri pada telinga.

3.Air Garam Hangat Untuk Membersihkan Hidung

Membilas lubang hidung dengan air garam yang hangat dapat membantu meredakan hidung yang tersumbat. Selain itu, air garam juga membantu mengeluarkan virus dan bakteri dari hidung Anda. Cara yang paling popular dan mudah ialah: Sediakan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh baking soda, lalu campurkan ke dalam 250 ml air hangat. Gunakan pipet atau nasa irrigation kit untuk memasukkan laurtan tersebut ke dalam lubang hidung Anda. Bersihkan satu lubang hidung terlebih dahulu dengan menutup lubang hidung yang lainnya. Biarkan air tersebut membilang hidung lalu keluar lagi melalui hidung. Irigasi sebanyak 2-3 kali agar optimal.

4.Istirahat yang Cukup

Menyediakan waktu yang cukup untuk beristrirahat merupakan obat flu alami paling ampuh. Jangan lupa pilihlah suhu ruangan yang hangat. Beristirahat di tempat dan suhu yang nyaman akan membantu tubuh Anda memusatkan energinya untuk melawan penyakit. Jadi jangan melakukan aktivitas fisik maupun mental yang berat karena dapat mengganggu proses penyembuhan.

5.Berkumur

Berkumur dapat meredakan nyeri tenggorokan meskipun sifatnya hanya sementara. cairan yang dipakai untuk berkumur ialah air hangat yang telah dicampur dengan setengah sendok teh garam. Kumurlah 4 kali sehari. Untuk meredakan perasaan gatal di tenggorokan, Anda dapat mencoba berkumur menggunakan air teh yang berfungsi mengentalkan mukus. Selain teh, Anda juga dapat mencoba menggunakan air madu atau cuka apel sebagai cairan kumur. Berkumurlah dengan air hangat yang suhunya sudah sederajat dengan suhu ruangan. Berkumur dapat menjadi obat batuk alami yang baik karena mengurangi rasa gatal pada tenggorokan Anda.

6.Minumlah Minuman yang Hangat

Minuman yang hangat atau panas akan meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi serta mengurangi nyeri tenggorokan karena inflamasi yang terjadi di saluran nafas Anda. Bila hidung mampat dan tersumbat mengganggu tidur malam Anda, cobalah minum segelas teh hangat sebelum tidur. Boleh juga ditambahkan 1 sendok teh madu ke dalamnya. Ini dapat menjadi obat flu alami yang ampuh.

7.Mandi Air Hangat

Uap air hangat yang terbentuk dari mandi air hangat akan melembapkan saluran pernafasan Anda. Plus, mandi air hangat akan membuat tubuh Anda nyaman dan lebih mudah beristirahat.

8.Mengoleskan Balsam di Bawah Hidung Anda

Mengoleskan sedikit saja balsam di bawah hidung Anda dapat membantu tubuh Anda untuk memperbesar saluran nafas Anda. Balsam juga dapat mengurangi iritasi kulit yang terjadi di bawah hidung Anda. Carilah balsam yang mengandung menthol, eucalypthus dan kampora karena ketiga zat tersebut dapat meredakan rasa nyeri, terutama pada kulit hidung Anda yang lecet karena seringnya membersihkan hidung menggunakan tissue. Namun ingat, jangan oleskan balsam di di dalam hidung namun di luar hidung.

9.Taruh Kain yang Dingin Atau Hangat Disekitar Hidung Anda

Anda boleh memilih kain dengan air dingin atau air hangat. Selain kain, Anda juga dapat menggunakan cold pack atau hot pack. Taruh kain yang sudah direndam dengan air dingin atau hangat yang sudah diperas di sekitar hidung Anda untuk meredakan hidung yang tersumbat. Jangan lupa untuk memastikan bahwa suhu kain tidak terlalu panas.

10.Memakai Bantal yang Lebih Banyak Saat Tidur

Memanipulasi posisi tidur sehingga kepala berada lebih atas dibandingkan badan Anda akan membantu meredakan gejala hidung mampat. Obat flu alami ini sederhana namun ampuh membuat tidur malam Anda semakin nyenyak dan tidak terganggu oleh hidung Anda yang tersumbat.

11.Tunda Rencana Anda untuk Naik Pesawat

Perubahan tekanan udara di pesawat terbang akan menambah beban untuk saluran pernafasan Anda. Terbang di saat Anda flu, terutama dengan gejala hidung mampat dapat merusak dan mengganggu gendang telinga Anda karena adanya perubahan tekanan udara saat pesawat lepas landas dan hendak mendarat. Bila Anda terpaksa harus terbang dengan pesawat, mengunyah permen karet atau menelan ludah dapat membantu menghilangkan nyeri pada gendang telinga Anda.

12.Konsumsi Makanan yang Dapat Melawan Infeksi

Di bawah ini ada beberapa makanan yang dapat dipakai sebagai obat flu alami:
- Pisang dapat meredakan nyeri perut dan diare
- Makanan kaya Vitamin C seperti lemon, jeruk dan paprika
- Blueberry mengandung aspirin alami yang dapat meredakan gejala demam, nyeri dan pegal
- Teh mengandung katekin yang mampu membantu tubuh melawan infeksi
- Air perasan jeruk nipis yang dapat menjadi obat batuk alami
- Bawang Bombay mengandung zat yang dapat membantu tubuh melawan bronchitis dan infeksi lainnya.

Obat flu alami di atas dapat Anda coba sendiri untuk meredakan gejala flu yang mengganggu. Namun, bila penyakit flu tidak membaik dalam kurun waktu 3 sampai 5 hari, jangan ragu untuk membawa diri Anda ke dokter karena dikhawatirkan Anda menderita penyakit yang lebih berat namun bergejala seperti penyakit flu biasa.

0 Response to "Tips Meredakan Flu Secara Alami"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com