Mengenali Tanda-tanda Stroke

Mengenali Tanda-tanda Stroke Sejak Dini

Stroke terjadi dikarenakan adanya ketidaklancaran pasokan darah ke bagian otak yang mengakibatkan otak tiba-tiba menjadi terganggu. Kurangnya aliran darah yang menuju ke otak dapat mengakibatkan suatu reaksi biokimia yang dapat mematikan sel-sel saraf otak. Hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya fungsi yang biasanya dikendalikan oleh jaringan itu sendiri.

Apabila seseorang yang terserang stroke dapat terselamatkan, terkadang penderita tersebut dapat mengalami kelumpuhan, hilangnya kemampuan untuk berbicara, atau hilangnya sebagian ingatan. Penyakit stroke dapat terjadi dikarenakan adanya cabang pembuluh darah yang terhambat oleh emboli. Emboli tersebut dapat berupa udara ataupun kolesterol. Berikut gejala stroke.

Gejala Stroke

1. Pandangan menjadi kabur
Stroke dapat membuat pandangan mata penderita menjadi kabur atau bahkan hilang. Namun, gejala stroke yang satu ini sering diabaikan oleh banyak penderita stroke serta tidak menganggap hal tersebut sebagai indikasi stroke.

2. Sulit dimengerti bahasa yang diucapkan
Hal seperti ini dapat terjadi dan disebut juga sebagai gangguan bahasa atau afasia disorder. Penderita stroke seringkali menggunakan bahasa yang sulit dipahami oleh pendengarnya atau menggunakan bahasa yang berbeda dari hari-hari sebelumnya.

3. Sakit kepala
Sakit kepala yang secara tiba-tiba menyerang dan sangat menyakitkan. Jangan anggap sakit kepala tersebut hanyalah sakit kepala biasa, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala stroke.

4. Hilang keseimbangan
Jika merasa pusing, mual, serta sulit berjalan, kebanyakan orang mungkin berpikir sedang dalam keadaan mabuk. Namun pusing yang terjadi tiba-tiba itu sebenarnya adalah salah satu indikasi gejala stroke.

5. Lengan atau kaki menjadi lemas
Hal ini merupakan salah satu gejala stroke yang ditandai dengan lengan ataupun kaki tiba-tiba merasa lemas dan mati rasa. Cobalah untuk mengangkat kedua tangan secara sejajar dengan posisi telapak tangan Anda menghadap ke atas selama kurang lebih 10 detik. Apabila salah satu lengan Anda terjatuh, bisa jadi otot tersebut mengalami pelemahan yang merupakan salah satu gejala stroke. Untuk memperkuat otot lengan Anda, Anda dapat melakukan push up.

6. Nyeri
Gejala stroke yang satu ini pada dasarnya bukan gejala yang selalu muncul pada penderita stroke. Namun, Anda harus waspada apabila nyeri muncul pada bagian lengan, kaki, ataupun setengah bagian dada atau wajah.

7. Enggan mengambil barang yang jauh
Mungkin gejala yang satu ini tergolong biasa saja, namun hal ini terjadi karena syaraf tubuh sudah tidak lagi normal dan menganggapnya semua bidang tersebut adalah datar.

8. Kelelahan
Meski sedang tidak melakukan aktivitas berat, kelelahan dapat terjadi. Hal ini karena penderita stroke menunjukkan gejala lelah yang berlebihan serta perubahan mental.

9. Ekspresi wajah
Ekspresi wajah yang mengalami pelemahan dapat menandakan salah satu gejala stroke. Biasanya ahli medis meminta pasienya untuk tersenyum sambil menunjukkan gigi. Apabila tidak ada gerakan, artinya terkena stroke.

10. Cegukan
Cegukan mungkin sering terjadi pada diri Anda. Namun, jangan terlebih dahulu Anda menyangkutkan bahwa cegukan yang Anda alami adalah salah satu gejala stroke. Sebab stroke dapat memengaruhi fungsi kinerja otak yang mengurus pernapasan, khususnya pada perempuan.

11. Kehabisan nafas
Sulit bernapas meski tidak sedang berlari ataupun sedang melakukan aktivitas fisik? Jika iya, bisa jadi hal tersebut menjadi gejala stroke yang harus diwaspadai.

12. Sulit berhitung
Penderita stroke tidak dapat berpikir secara logika serta susah dalam mengurutkan angka. Hal ini dapat membuat penderita stroke sulit dalam berhitung walaupun dari hitungan yang sederhana saja.

Itulah 12 gejala stroke yang harus diwaspadai. Stroke dapat sewaktu-waktu menyerang Anda, jaga tubuh Anda. Apabila gejala-gejala tersebut sedang Anda alami, periksakan ke dokter sekarang juga.

0 Response to "Mengenali Tanda-tanda Stroke"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com