mengatasi kebiasaan mendengkur

Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur saat tidur terjadi karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas, orang yang mendengkur sering kali tersedak dan mengalami sesak napas secara spontan, maka dari itu sebaiknya anda segera mengatasi kebiasaan mendengkur yang satu ini. Pada artikel kali ini admin akan mengulas tips bagaimana cara menghilangkan kebiasaan mendungkur saat tidur.
Cara mengatasi kebiasaan mendengkur
1. Mengubah posisi tidur
Posisi tidur anda bisa menjadi salah satu faktor terjadinya dengkuran, posisi tidur yang sebaiknya anda hindari yaitu tidur terlentang dan tidur tengkurap, saat tidur terlentang maka lidah akan terkekan ke dinding belakang tenggorokan sehingga saluran udara akan sedikit tersumbat dan mengakibatkan getaran serta suara dengkuran, sedangkan tidur tengkurap akan membuat perut, dada, dan leher menjadi tertekan yang akan membuat udara sulit untuk mengalir, ubah posisi tidur anda ke posisi miring khususnya miring ke sebelah kanan karena dapat melancarkan pernapasan dan membuat jantung anda lebih sehat.
2. Melakukan diet
Jika anda memiliki berat badan berlebih maka melakukan diet bisa menjadi solusi untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur, hal ini dikarenakan karena orang yang bertubuh gemuk lebih berpotensi mendengkur saat tidur, lemak tubuh terutama pada bagian leher dapat mempersempit diameter  tenggorokan sehingga aliran udara akan terhalangi, mulailah untuk melakukan program diet untuk menurunkan berat badan menjadi lebih ideal, selain itu melakukan diet juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
3. Berhenti merokok
Merokok selain dapat merusak berbagai organ tubuh secara perlahan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya dengkuran saat tidur, merokok bisa menimbulkan iritasi pada selaput lendir saluran pernapasan sehingga akan menimbulkan pembengkakan dan meningkatkan produksi lendir yang berlebihan, hal ini kemudian akan menyumbat saluran pernapasan dan mengakibatkan suara dengkuran saat tidur.
4. Istirahat cukup
Aktifitas pekerjaan yang kita lakukan setiap hari harus di imbangi dengan porsi istirahat yang cukup, saat tubuh kita kelelahan maka otot-otot tubuh akan bekerja secara tidak maksimal sehingga memicu timbulnya suara dengkuran saat tidur.
5. Mandi dengan air hangat
Saat kondisi tubuh kita sedang tidak fit maka proses pertukaran udara menjadi sedikit terhambat, agar saluran pernapasan kita menjadi lancar maka mandilah dengan air hangat, selain itu mandi dengan air hangat juga dapat meringankan gejala flu dan pilek yang membuat hidung anda menjadi tersumbat.
6. Hindari mengkonsumsi alkohol dan obat
Mengkonsumsi alkohol merupakan pola hidup yang tidak sehat, sedangkan ketergantungan dengan obat akan berdampak buruk pada kesehatan anda dalam jangka panjang. Alkohol dan obat bisa membuat otot dan syaraf pada bagian belakang tengorokan menjadi rileks sehingga membuatnya tidak bekerja secara optimal, dan menimbulkan suara dengkuran saat tidur.
Itulah tadi cara ampuh mengatasi kebiasaan mendengkur, sekian tips kesehatan kali ini, semoga tips-tips di atas dapat membantu anda untuk mengatasi masalah dengkuran yang menggangu.


0 Response to "mengatasi kebiasaan mendengkur"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com