Cara membuat Slime

Tips Membuat Slime Dengan Berbagai Bahan. Aman Untuk Anak
Anda pernah mendengar slime? Slime sendiri menjadi tren mainan anak-anak setelah diperkenalkan di acara penghargaan TV seperti Kids Choice Awards. Di acara penghargaan tersebut nantinya anak-anak bisa bermain slime dan juga banyak artis yang akan diguyur dengan cairan lengket tersebut. Memainkan slime bisa membuat mood seorang anak menjadi lebih baik dan bahagia. Bermain slime juga merupakan representasi perasaan, seperti kebebasan, harapan, gairah, keberanian, dll. Selain itu, bermain slime juga bisa menjadi sarana pelampiasan emosi negatif anak. Bermain slime akan menjadi saluran mekanisme pertahanan ego diri untuk melampiaskan emosi diri dengan cara yang positif bagi anak.

Slime sendiri merupakan mainan anak-anak yang bentuknya cair serta lengket bak menyerupai lendir. Bagi orang dewasa mungkin hal tersebut sangat menjijikan tetapi bagi anak-anak bermain slime itu sangat menyenangkan, apalagi jika warnanya beraneka macam. Lalu bagaimanakah cara membuatnya?
Slime bisa dibuat menggunakan bahan seperti susu, sabun deterjen, sabun cair, sampo, odol, mama lemon, sunlight, lem UHU, lem fox, lem povinal, tepung kanji, tepung maizena, bedak bayi, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa 
cara membuat slime yang mudah dengan bahan bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita  :

Tips Cara Membuat Slime Dengan Berbagai Bahan
Membuat slime untuk mainan anak itu ternyata tidak begitu sulit. Namun, yang menjadi perhatian adalah gunakanlah bahan-bahan yang aman dan alangkah baiknya jika memakai bahan alami. Mengapa? Karena anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan bisa jadi mereka bisa mencicipi rasa dari slime tersebut. Oleh karena itu, sebagai orang tua yang baik Anda harus bisa mencarikan bahan alami supaya aman untuk dipakai anak-anak. Lalu bahan apa saja dan bagaimanakah langkah membuatnya? Simak poin-poinnya di bawah ini.

1. Membuat Slime Dengan Bedak Bayi

Meskipun bedak bayi tidak bisa dimakan tetapi pembuatan slime dengan menggunakan bahan bedak bayi masih terbilang aman. Mengapa? Karena bedak bayi sudah dipastikan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya. Namun perlu bagi orang tua untuk selalu mengawasi dan memperhatikan anak-anak saat bermain slime dari bahan dasar tersebut supaya tidak tertelan atau pun sengaja ingin memakannya. Berikut ini bahan dan langkah membuatnya.

Bahan-bahan:

- 1 botol bedak bayi, pilih yang sudah mendapatkan izin dari badan POM.
- 4 sendok makan baby oil.
- 2 gelas air bersih.
- Pewarna makanan secukupnya.

Cara membuatnya:

- Siapkan tempat atau wadah yang cukup.
- Masukkan bedak bayi ke dalam wadah lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk.
- Tambahkan baby oil dan aduk kembali sampai rata. Apabila kurang kental bisa ditambahkan bahan-bahannya.
- Tambahkan pewarna makanan secukupnya.
- Aduk sampai warnanya tercampur rata kemudian pindahkan slime ke wadah yang tertutup, diamkan selama 1 jam.
- Slime siap untuk digunakan.

2. Membuat Slime Dengan Lem Fox PVAC

Lem fox PVAC adalah pilihan yang tepat untuk membuat slime menjadi lebih kenyal. bahan lem Fox PVAC bisa dibuat tanpa memakai activator, sehingga termasuk dalam jenis slime yang aman buat mainan anak.

Bahan yang diperlukan :

3 sendok makan lem fox putih PVAC
3 sendok teh air bersih
8 tetes obat tetes mata
1 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh baby oil
1/4 sendok teh sabun cair
1 sendok teh pewarna makanan

Tips 
Cara Membuat Slime Dengan Lem Fox Putih PVAC

Siapkan wadah terbuka yang bersih dan kering. Masukkan lem Fox putih PVAC dan air ke dalam wadah, aduk sampai rata sehingga air menyatu dengan lem. kemudian masukkan baking powder dan campur kembali sampai rata.

Masukkan obat tetes mata, sabun cair dan pewarna makanan. Aduk sampai tercampur rata semua bahannya sampai terasa kenyal. Jika sudah cukup kenyal, selanjutnya tambahkan baby oil ke dalam adonan tersebut sambil diaduk. Namun jika belum cukup kenyal, tambahkan sedikit obat tetes mata dan sabun cair lalu aduk kembali sampai tercampur rata. Setelah terasa kenyal, tutup dan dan simpan adonan beberapa jam sebelum dipakai.


3. Membuat Slime Dengan Lem UHU

Lem UHU merupakan lem yang biasa digunakan untuk lem pada kain. Lem UHU sangat baik untuk membuat slime yang kenyal. Untuk membuat slime dari lem UHU, kita hanya membutuhkan dua atau tiga bahan saja, namun hasilnya akan persis seperti lem Fox putih PVAC.

Bahan yang diperlukan :

Satu buah lem UHU
10 sendok makan sabun cuci piring cair
1/4 sendok teh pewarna makanan

Tips 
Cara Membuat Slime Dengan Lem UHU

Siapkan wadah terbuka yang bersih dan kering. Masukkan lem UHU, pewarna makanan, dan sabun cuci piring cair ke dalam wadah tersebut. Aduk sampai tercampur rata semua bahannya sampai terasa kenyal dan terpisah dari sabun cuci piring cair tersebut.

Selanjutnya peras yang telah jadi dengan tisu kering atau kain kering agar cairan lengket dari sabun yang belum tercampur slime bisa hilang. Setelah terasa cukup, tutup dan dan simpan adonan slime sebelum dipakai. Saat slime tidak dimainkan, sebaiknya slime disimpan dalam wadah yang kering dan tertutup rapat.


4. Membuat Slime Dengan Shampo

Sampo dapat digunakan sebagai bahan pembuat slime. Slime yang terbuat dari bahan dasar sampo ini juga tergolong sangat mudah untuk dibuat bersama anak.

Bahan yang diperlukan :

Air
Sampo setengah sachet
Lem fox atau povinal 5 sendok makan
Detergent bubuk 1 sendok makan
Pewarna makanan
Bedak Cusson baby

Tips 
Cara Membuat Slime Dengan Sampoo

Masukkan lem fox atau lem povinal 5 sendok makan ke dalam baskom kecil. Masukkan sampo yang soft seperti lifebuoy dan detergent ke dalam wadah. Masukan pewarna makanan. Untuk opsi kamu bisa pakai pewarna makanan berwarna hijau atau biru. Lalu diaduk hingga tercampur merata.

Jika slime sudah kental, maka rendamlah slime dalam air selama kurang lebih 4 menit. Namun jika belum kental dan bentuknya belum terlalu baik, kamu bisa menambahkan sedikit detergent ke dalamnya. Dan aduk- aduk hingga mengental.

Tekan- tekan slime sampai terasa padat, terasa kental dan terasa sangat lengket. Untuk menghindari lengket, bisa ditambahkan tepung atau bedak, selain itu memberi minyak telon bayi juga bisa menghilangkan lengket.


5. Membuat Slime Dari Sabun Bekas

Kamu bisa mengumpulkan sisa- sisa sabun mandi batangan untuk membuat slime. Hal ini baik agar sabun sisa tidak dibuang dengan percuma.

Bahan yang diperlukan :

Satu gelas sisa sabun batangan
1 ¼ gelas air bersih
Tepung terigu secukupnya
3 sendok makan cairan pencuci piring
3 sendok makan sabun cair
2-3 sendok teh pewarna makanan

Tips 
Cara Membuat Slime Dari Sisa Sabun

Pertama, siapkan wadah berukuran sedang yang memiliki penutup. Kemudian masukkan sisa sabun, tepung terigu, cairan pencuci piring dan juga sabun cair. Campur bahan- bahan tersebut menggunakan pengaduk sampai rata semuanya.

Selanjutnya, tuangkan air bersih ke dalam adonan sambil terus diaduk sampai rata. Perhatikan juga tingkat kekentalannya. Jika dirasa tingkat kekentalannya sudah cukup, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi sambil terus mengaduk perlahan sampai warnanya merata. Terakhir, tutup dan diamkan adonan slime di dalam kulkas selama 10 sampai 15 menit saja.


6. Membuat Slime Dengan Susu Cair

Selain tepung tapioka, bahan alami dan aman untuk membuat slime mainan anak-anak juga bisa menggunakan susu cair. Dengan menggunakan bahan yang tidak berbahaya seperti susu cair akan sangat menyenangkan bagi anak-anak karena ini bisa dimakan. Orang tua pun tak perlu khawatir anak akan keracunan apabila tidak sengaja menelan slime dari susu cair, lalu bagaimanakah cara membuatnya?

Bahan yang disiapkan:

- 1 kotak susu cair atau juga bisa susu kental manis yang dicairkan (jumlah sesuai selera).
- Vanili secukupnya.
- Pewarna makanan secukupnya.
- 1 ½ sendok makan tepung maizena.

Langkah membuatnya:

- Siapkan wadah yang ukurannya sesuai untuk membuat slime dari takaran bahan tersebut.
- Masukkan susu cair ke dalam panci kemudian panaskan hingga susu panas namun jangan sampai mendidih, sambil diaduk kemudian tambahkan vanili secukupnya aduk rata kembali.
- Masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diatur tingkat kekentalannya. Biarkan sampai meletup-letup kemudian angkat dan dinginkan.
- Setelah dingin slime dari susu bisa ditambahkan dengan pewarna makanan sesuai selera.
- Simpan adonan slime susu tersebut ke dalam wadah yang bersih dan rapat, jangan sampai terkena sinar matahari supaya adonan susu tidak cepat rusak dan terkena bakteri.


7. Membuat Slime Dengan Tepung Kanji

Tepung tapioka atau masyarakat kebanyakan menyebutnya kanji merupakan tepung yang terbuat dari ketela pohon atau singkong. Selain bisa digunakan untuk membuat makanan, tepung kanji juga sering dipakai untuk membuat lem alami dan aman. Khusus bagi Anda yang ingin membuat mainan anak seperti slime, tepung yang satu ini sangat direkomendasikan karena sangat aman. Selain aman, tepung tapioka harganya pun begitu murah dan di bawah tepung terigu. Lalu bagaimanakah 
cara membuat slime dari kanji? Pertama Anda harus menyiapkan bahannya.

Bahan yang dibutuhkan:

- 2 gelas tepung tapioka/kanji.
- ½ gelas minyak goreng.
- 400 ml air bersih.
- Pewarna makanan secukupnya.

Cara Membuatnya:

- Siapkan wadah yang cukup kemudian jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu.
- Masukkan tepung tapioka ke dalam wadah.
- Tuang air bersih yang sudah disiapkan tadi secara perlahan-lahan dan bertahap sambil diaduk.
- Campurkan dengan minyak goreng dan aduk-aduk sampai benar-benar kental. Apabila kurang cair Anda bisa menambahkan sedikit air atau pun minyak.
- Setelah semua tercampur rata dan tingkat kekentalannya pas, tambahkan pewarna makanan sesuai selera secukupnya lalu aduk rata.
- Masukkan slime ke dalam wadah atau plastik kemudian ikat dengan kuat, slime sudah bisa dipakai untuk bermain.


8. Membuat Slime Dengan Lem Povinal

Lem povinal merupakan lem kayu yang terbuat dari bahan dasar tepung kanji yang sudah dicampur gom atau boraks. Jika sedag tidak ada tepung kanji, lem povinal juga bisa digunakan sebagai bahan dasar membuat slime. Jika untuk dijadikan mainan, anak- anak harus hati- hati agar adonan slime ini tidak dimakan karena tidak baik bagi kesehatan.

Bahan yang diperlukan :

5 Lem povinal
1/4 gelas air bersih
2 sendok teh baking powder atau ragi instan (ragi roti)
2-3 sendok teh pewarna makanan

Tips 
Cara Membuat Slime Dengan Lem Povinal

Pertama, siapkan wadah berukuran sedang yang memiliki penutup atau bisa pakai toples. Kemudian masukkan lem povinal bersamaan dengan 2 sendok teh baking powder 2 sendok teh ke dalam wadah. Aduk sampai rata.

Selanjutnya, tuangkan air bersih secara perlahan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar adonan tidak menggumpal. Perhatikan juga tingkat kekentalannya. Jika dirasa tingkat kekentalannya sudah cukup, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi sambil terus mengaduk perlahan sampai warnanya merata. Terakhir, tutup dan dan simpan adonan selama setengah jam sebelum dimainkan. Biasanya adonan slime ini akan mengembang dengan sendirinya.


9. Membuat Slime Dengan Lem Bening

Selain lem kayu, jenis lem cair bening juga bisa digunakan untuk membuat slime. Lem cair bening ini akan membuat adonan slime menjadi berwarna putih jika tidak ditambahkan dengan pewarna makanan. Nah, untuk membuat adonan slime dari lem cair bening, bahan yang kamu perlukan adalah sebagai berikut ini :

Bahan yang diperlukan:

5 Lem cair bening
2-3 sendok teh pewarna makanan
8 tetes obat tetes mata atau obat 
sariawan

Tips 
Cara Membuat Slime Dengan Lem Bening

Pertama, siapkan wadah berukuran sedang yang memiliki penutup atau bisa pakai toples. Mangkuk serta sendok pengaduk sebaiknya tidak digunakan kembali untuk makan. Kemudian masukkan lem cair bening dan pewarna makanan ke dalam wadah. Aduk sampai rata.

Selanjutnya, tuangkan obat tetes mata atau obat 
sariawan secara perlahan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika tingkat kekentalannya dirasa sudah cukup, makan adonan slime sudah jadi. Namun tunggu beberapa jam sebelum memainkannya dan perhatikan jangan sampai adonan slime termakan anak saat bermain.


0 Response to "Cara membuat Slime"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com