Cara Membuat Pengharum Ruangan Sendiri Dan Alami

Cara Membuat Pengharum Ruangan Sendiri Dan Alami
Mungkin kamu sering punya masalah dengan bau tak sedap di rumahmu. Apalagi, jika kamu baru selesai memasak dengan bahan-bahan yang memang berbau. Bau tak sedap ini, disemprot pakai air freshener pun butuh berkali-kali. Jatuhnya boros dan tak ramah lingkungan.
Daripada membeli air freshener, lebih baik kamu membuat pengharum alami sendiri saja deh. Tak perlu khawatir bahannya mahal, karena kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di keseharian. Yuk disimak!


1. Tak perlu ke luar negeri untuk menikmati sensasi musim semi. Dengan lemon + vanili, aroma musim semi bisa kamu hadirkan sendiri.

Jika melihat gambar di atas, sekilas mungkin kamu akan berpikir itu infused water atau lemon squash. Tapi ini sebenarnya adalah pengharum ruangan yang memberi aroma musim semi di rumahmu. Untuk membuatnya sangat mudah, kamu hanya membutuhkan 2 buah lemon segar, 2 batang rosemary dan 1 sendok teh vanili. Caranya, potong lemon dengan ketebalan 0,5 cm, masukkan semua bahan ke dalam panci berisi 2 liter air, lalu panaskan. Didihkan dan jika sudah wangi, matikan kompor dan simpan dalam botol madu bekas yang telah dibersihkan.


Karena di Indonesia tak ada musim semi, kamu tak perlu jauh-jauh pergi keluar negeri untuk sekadar merasakan musim semi. Cukup dengan membuat pengharum ruangan ini dan sensasi musim semi pun bisa kamu rasakan di rumah sendiri sambil bersantai menenangkan diri. Terlebih kamu akan merasakan aroma yang bergantian semerbak di ruangan lemon yang segar, berganti rosemary yang khas, dan vanili yang menenangkan. Kombinasi yang sempurna untuk menahanmu bersantai di rumah.

2. Sekarang saatnya mencoba pengharum spray! Kamu bisa menciptakan wangi ruangan yang segar dengan aroma citrus yang semerbak
Selain membuat pengharum ruangan dalam wadah, kamu juga bisa membuat pengharum ruangan spray alias semprot. Susah? Nggak kok. Yang kamu butuhkan hanyalah:
1 Lemon
1 Jeruk nipis
1 Jeruk (citrus)
Alkohol (takarannya disesuaikan sendiri)
Air
Botol spray/ parfum kosong
Jar atau wadah yang bertutup
Cara membuatnya:

1. Iris lemon, jeruk nipis, jeruk secara melintang (jangan terlalu tebal)

2. Tuangkan cukup alkohol dalam jar atau wadah yang bertutup dengan semua jeruk, tutup rapat dan biarkan setidaknya semalam. Tips: semakin lama kamu merendamnya, maka semakin kuat aromanya.

3. Saring irisan jeruk dan tuangkan air endapan ke dalam botol parfum. Tips: kamu bisa menambahkan larutan alkohol lagi setengah dan larutan air setengah. Tapi, jika kamu ingin non-alkohol, tak perlu menambahkan alkohol lagi ke botol, cukup air saja.
Gimana gampang ‘kan? Itu jika kamu menyukai aroma jeruk atau citrus. Kalau kamu ingin mencoba dengan aroma buah yang lain boleh-boleh saja, tinggal pilih buah apa yang kamu suka.

3. Fruit rind air freshener, begitulah namanya. Teknik baru membuat pengharum ekonomis dengan kualitas tak minimalis
Nah, ini jenis pengharum ruangannya cukup unik. Kamu bisa menggunakan kulit buah untuk membuat aroma yang segar di kamar atau rumah. Bahannya adalah:
Garam laut
Buah jeruk segar (jeruk, lemon atau jeruk nipis)
Rempah segar (kemangi, mint atau cengkeh)
Pisau
Sendok

Karena bahannya sederhana, cara membuatnya pun sangat mudah:
1. Pertama, belah buah menjadi dua. Tips: Hipwee menyarankan kamu menggunakan buah jeruk, karena aromanya yang kuat dan segar. Tapi jika kamu ingin mencoba dengan buah lain juga tak masalah.

2. Hilangkan daging buah dari kulit dengan menggunakan pisau atau sendok, kemudian isi setengah dengan garam laut. Info: garam laut memiliki kemampuan untuk mengeluarkan bau jeruk demi menghilangkan bau-bau yang tidak sedap.

3. Terakhir, kamu bisa meletakkan kombinasi buah dan rempah segar. misalnya, kemangi di jeruk, mint di jeruk nipis, dan cengkeh di lemon. Kombinasi aromanya yang saling melengkapi sungguh menyenangkan untuk dinikmati.
Catatannya, jangan sampai ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumahmu yang bisa menjangkau dan “mengacak-acak” isi pengharum. Pastikan pengharummu tetap aman demi bisa bekerja maksimal.
Oh iya, untuk daging buah yang tidak terpakai, kamu bisa menjadikannya minuman dengan memerasnya. Dengan begini, semua bagian dari buah jeruk ini bisa terpakai dengan efisien.

4. Bersiaplah menghirup aroma manis yang khas dari beeswax. Caranya pun sungguh sederhana
Pengharum ruangan dengan lilin tak berbeda dengan yang sering kita sebut lilin aroma terapi. Mendengarnya saja mungkin sudah membayangkan betapa sulitnya membuat lilin ini, tapi tenang Hipwee akan menemanimu membuatnya agar tak boros uang untuk membeli selagi kamu bisa membuatnya sendiri. Pastikan kamu sudah menyiapkan ini:
Stoples kaca (gunakan jar yang melebar dan bertutup. Tapi jika terpaksa tidak ada, kamu bisa menggunakan jenis yang lain)
Lilin lebah/beeswax (lilin yang digunakan ini berbentuk seperti butiran beras yang berwarna kuning pucat. Kalau kamu tak bisa mendapatkan yang berbentuk butir, bisa menggunakan yang balok tapi harus dipotong dulu)
Sumbu
Loyang
Oven
Nah, sekarang perhatikan baik-baik cara membuatnya:
1. Tempatkan sumbu dalam stoples dan isi dengan lilin lebah. isi dengan rata dan seimbang tak perlu sampai penuh
2. Panaskan oven sampai 200 derajat F. tempatkan stoples-stoples berisi lilin di atas loyang dan masukkan ke oven. di satu loyang, kamu bisa memasukkan sekitar 9 stoples sekaligus.
3. Tunggu sekitar 45 menit hingga 1 jam sampai lilin mencair. keluarkan lalu diamkan dalam suhu ruangan
4. Sumbu harus dalam posisi tegak, kamu bisa menggunakan pensil untuk membantu membuatnya tegas. Tunggu sampai mengeras.

Sebaiknya jangan langsung menghidupkan lilin ini. Tunggulah sampai panasnya benar-benar mereda dan lilin kering seutuhnya, kira-kira satu hari. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya dan bersiaplah untuk aroma yang membuatmu tak ingin beranjak dari rumah.


5. Sebagai aroma terami, kamu juga bisa membuat lilin dari kopi
Kopi biasanya dinikmati dengan diseduh. Selain rasanya yang mantap, kopi juga memang terkenal dengan aromanya yang menenangkan. Cara tradisional yang biasa dilakukan untuk menikmati aromanya sebagai pengharum adalah menggunakan roasted coffee bean yang diletakkan di piring kecil, lalu ditempatkan di meja kamar. Tapi, pengharum ruangan kali ini bisa membantumu membuat lilin beraroma kopi. Bagaimana caranya? Siapkan dulu perlengkapannya ya:

Cat semprot bertekstur batu
Kaca gelas / vas
Wax atau lilin
Biji kopi (agar lebih sederhana kamu bisa menggunakan kopi bubuk. Takarannya sesuai selera, jika gelas kacamu berukuran besar maka kopinya pun harus banyak)
Sumbu
Cawan

Sekarang kita ke cara membuatnya:
1. Mulailah dengan menyemprot wadah kaca/ vas dengan cat semprot dengan merata. Alasi dengan koran agar cat tak sampai menyentuh benda lain
2. Kemudian masukan potongan lilin dalam cawan dan lelehkan lilin dalam microwave kira-kira 30 detik.
3. Jika kamu menggunakan biji kopi, maka kamu harus menggilingnya terlebih dahulu.
4. Letakkan sumbu dan ambil sedikit lilin yang telah meleleh, tuangkan ke wadah kaca/vas. Jika sudah kering, taburkan bubuk kopi di atasnya. Lakukan secara bergantian sampai hampir penuh.

Diamkan 1-2 jam sampai benar-benar solid dan lilin kopi pun siap dinyalakan dan dinikmati. Lilin ini bisa digunakan untuk kamu yang tak suka minum kopi tapi suka aroma kopi yang tenang.

6. Tak mau kalah dengan lilin kopi, tea-scented candle pun siap dinikmati
Selain kopi, teh juga bisa digunakan untuk pengharum ruangan. Aroma teh juga bisa membuatmu tidur lebih rileks dan nyenyak. Jadi, tak ada salahnya ‘kan mencoba membuatnya. Yuk! ini bahannya:

Teh celup (kamu bisa memilih melati, pappermint, atau jahe)
Opsional: kamu juga bisa mencampurkan ekstrak rasa, seperti jeruk, bergamot, dll)
Lilin kedelai (jika tidak ada, kamu bisa menggunakan wax biasa)
Cangkir
Sumbu
Pangkalan logam
Minyak zaitun/ minyak kelapa

Caranya:
1. Tuangkan sekitar 100 ml minyak ke dalam dan panaskan. Masukkan teh celup dan sedikit minyak sampai kantong teh membuka.
2. Isi panci dengan dua cangkir penuh lilin dan lelehkan pada panas rendah sampai itu cair. Tuangkan ekstrak rasa (jika menggunakan) dan aduk rata.
3. Kaitkan sumbu dengan pangkal logam. Masukkan, logam akan membantu sumbumu tetap tegak.
4. Tuangkan lilin cair ke cangkir secara perlahan
Mudah ‘kan? lebih baik diletakkan di kamar agar kamu bisa merasa lebih tenang dengan aroma teh, atau jika kamu ingin meletakkannya di tempat lain juga tak masalah.

7. Walaupun nama tekniknya garbage disposal alias pembuangan sampah, hasilnya adalah pengharum yang menyegarkan

Banyak orang mengira ini adalah jelly atau es buah. Sebenarnya, ini adalah pengharum ruangan. Teknik yang digunakan kali ini disebut garbage disposal. Membuatnya memang dengan cara didinginkan, tapi hasilnya bukan untuk diminum ya. Penasaran cara membuatnya? Bahan yang dibutuhkan:

Cuka putih
Kulit jeruk
Loyang muffin atau nampan es batu
Caranya mudah:

Letakkan beberapa kulit jeruk di loyang muffin atau nampan es batu. Lalu, isi dengan cuka. Bekukan sampai padat. Untuk mengeluarkannya dari loyang, kamu bisa menggunakan pengoles mentega atau pisau dan mengeluarkan pengharum ini pelan-pelan. Mudah ‘kan?


8. Potpourri, berkreasi dengan si bunga kering yang aromanya tak kalah dengan bunga segar di pasaran
Potpourri adalah cara yang unik untuk menciptakan pengharum ruangan. Jika biasanya ruangan akan wangi jika dihiasi dengan bunga segar, potpourri justru menggunakan bunga kering. Bahkan jika kamu tak mendapatkan bunga kering, kamu harus bersedia mengorbankan bunga segar untuk dikeringkan. Tapi percayalah, aroma yang dia hasilkan tak kalah dari bunga segar yang sedang mekar. Untuk memulainya, siapkan dulu beberapa pernik ini:
Bunga kering (mawar, melati, lavender, dll.)
Minyak esensial (minyak lavender, dll.)
Rempah-rempah atau pernak-pernik lainnya (cengkeh dan batu-batu kecil untuk dekorasi)
Stoples

Caranya:
1. Sebelum merangkainya, jika kamu menggunakan bunga segar, maka harus dikeringkan terlebih dahulu. Kamu bisa menggantungnya secara terbalik dan diamkan beberapa minggu sampai sepenuhnya mengering.
2. Setelah bunga kering, tempatkan dalam sebuah wadah dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial. Tutup wadah dan biarkan bunga untuk menyerap minyak selama beberapa minggu.
3. Setelah siap, kamu bisa mulai menghias bunga-bunga dengan berbagai pernik yang kamu suka.
selain bisa untuk pengharum rumah sendiri kamu juga bisa menghias stroplesnya dengan pita dan dijadikan kado ulang tahun untuk sahabat tercinta.

9. Gel Air Freshener, hanya butuh 2 tahap kamu pun bisa menikmatinya dengan aroma yang kamu suka
Meski banyak anggapan membuat pengharum gel itu sulit, tapi sebenarnya tidak juga kok. Justru tantangan ini yang wajib kamu coba. Yuk siapkan bahannya!

1 ons butiran atau bubuk gelatin
2 cangkir air dingin
20-30 tetes minyak esensial (pilih aroma yang kamu suka)
1 sendok makan garam
(Opsional) pewarna
Sumpit sekali pakai atau tusuk untuk digunakan sebagai aduk tongkat
Mari mulai membuatnya:

1. Tuangkan satu cangkir air mendidih dalam panci kecil. Taburkan gelatin di atas air mendidih dan aduk sampai halus dan semua gelatin larut. Tambahkan garam dan cangkir kedua air dingin dan aduk rata. Sisihkan.
2. Tambahkan tetesan minyak esensial dan pewarna. Aduk sampai warna merata.
3. Biarkan dingin dalam suhu ruangan. Siap dinyalakan.

Gampang ‘kan? Ternyata tak susah, kamu hanya butuh kesabaran dan ketelatenan. Lilin gel ini akan bertahan kira-kira 4 minggu. Lumayan juga ya?
Nah, begitulah beberapa tips membuat pengharum ruangan sendiri. Selain bisa digunakan pribadi, kamu juga bisa menjadikannya ide untuk berbagi bersama sahabat atau malah memulai bisnis dengan pengharum ruangan. Selamat mencoba dan semoga sukses

0 Response to "Cara Membuat Pengharum Ruangan Sendiri Dan Alami"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com