4 Penyebab Utama yang Buat Kalian Susah Tidur

4 Penyebab Utama Yang Buat Kalian Susah Tidur
Bagi setiap orang, tidur atau istirahat merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Idealnya, setiap hari seseorang bisa tidur atau istirahat selama 7 sampai 8 jam. Hanya saja, nampaknya tidak semua orang bisa tidur selama ini. Banyak orang yang ternyata sangat susah untuk tidur saat malam. Banyak orang yang memulai tidur dan memejamkan mata dari pukul 9 malam tapi ternyata ia bisa tidur setelah jam 12 malam. Atau yang lebih parah lagi, seseorang telah beranjak untuk tidur dari jam 9 malam tapi saat subuh baru ia bisa tidur. Mungkin saja kondisi ini juga pernah kamu alami.
Lantas, kira-kira apa sih yang menjadikan kamu sangat susah tidur saat malam? Dari beberapa penelitian yang dilakukan para ahli, kondisi susah tidur atau yang disebut sebagai insomnia ini sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal. Hal tersebut mulai dari stres atau depresi berat karena kamu punya masalah dalam hubungan percintaan, persahabatan, keluarga atau lainnya. Hal tersebut juga bisa berupa sistem metabolisme dalam tubuh yang kurang maksimal. Untuk mengetahui lebih banyak lagi penyebab utama kenapa kamu susah tidur, berikut penyebab utama dari susah tidur.

1. Lapar

Penyebab utama dan paling umum dari susah tidur adalah lapar. Sadar atau tidak, ketika perut berada dalam kondisi lapar, ini akan membuat kamu kesusahan tidur. Ini juga akan membuat kamu merasa gelisah, kurang nyaman dan terasa lebih lemah. Untuk itulah, sangat disarankan agar setiap orang tidur dalam keadaan kenyang. Meski tak sepenuhnya kenyang, pastikan untuk tidur dengan keadaan perut yang terisi. Tapi ingat, walau disarankan tidur dalam keadaan perut terisi, sangat tidak dianjurkan tidur sesaat setelah makan.

2. Kesibukan Terlalu Padat

Apakah kamu adalah seseorang dengan kesibukan yang sangat padat dan membuat tubuh terasa sangat lelah juga pikiran sangat kacau? Jika iya, pastikan bahwa kamu mulai menenangkan diri kamu. Jangan lupa juga untuk senantiasa meluangkan waktu buat istirahat dari kesibukan kamu. Ketika kamu terlalu sibuk dan terlalu banyak beraktivitas, hal ini akan membuat jam biologis kamu terbiasa dengan kondisi ini. Jika sudah begitu, kamu pun akan sangat kesulitan buat tidur. Kamu juga akan merasa tidak nyaman jika kamu terlalu banyak tidur sehingga mendorongmu kesulitan tidur.

3. Problem Hormonal

Setiap orang memiliki kondisi hormon yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hormon ini sendiri juga sangat mudah berubah-ubah. Bagi wanita, saat hamil, menstruasi, menjelang menstruasi, saat masa subur atau setelah melahirkan tentu akan mengalami perubahan hormon. Karena perubahan hormon inilah, hal ini sering kali mempengaruhi jam tidur seseorang, mempengaruhi suasana hati juga kebugaran tubuh yang bisa membuat seseorang tersebut kesusahan untuk miliki tidur nyenyak serta berkualitas.

4. Problem Kesehatan

Kondisi susah tidur juga bisa disebabkan karena tubuh mengalami masalah kesehatan tertentu. Para ahli kesehatan mengungkapkan bahwa beberapa masalah kesehatan berpengaruh besar terhadap kualitas tidur seseorang. Beberapa masalah kesehatan juga membuat seseorang sangat susah tidur. Beberapa masalah kesehatan tersebut antara lain adalah sesak nafas, mual, meriang, sakit kepala, nyeri pada pergelangan tangan atau kaki serta sakit gigi. Sementara masalah kesehatan berat yang juga menyebabkan susahnya tidur adalah adanya risiko stroke, risiko serangan jantung dan risiko diabetes.

Ladies, itulah beberapa hal yang menyebabkan kamu susah tidur saat malam. Selain penyebab di atas, penyebab lain yang juga sering kali membuat kamu susah tidur adalah kondisi tempat tidur yang tidak nyaman, bantal tidur yang keras, ruang tidur yang baunya tidak sedap atau pengap, adanya suasana berisik di sekitar tempat tidur, kamu merasa ketakutan atau trauma serta cemas, kamu sedang jatuh cinta, kamu dihadapkan pada pilihan yang sulit padahal pilihan ini menyangkut masa depan kamu dan masih banyak lagi. 


Agar kamu senantiasa bisa tidur dengan nyenyak saat malam, usahakan agar senantiasa tenang. Usahakan pula untuk membuat tempat tidur jadi senyaman mungkin. Usahakan untuk memutar musik pengantar tidur dan jangan stres serta konsumsi makanan yang bisa membuat tidurmu lebih berkualitas. Semoga, informasi ini bermanfaat.



0 Response to "4 Penyebab Utama yang Buat Kalian Susah Tidur"

Posting Komentar

Terima Kasih Kami Ucapkan Kepada Semua Pengunjung Blog Ini
Kami senang Jika Blog Ini Bermanfaat Untuk Anda Semua, dan Kami Memohon Agar Artikel Kami Di share Sehingga Banyak Manfaat yang Kita dapatkan, Terima kasih

Hormat kami
Admin CongMojib.com