CIRI-CIRI ISTRI SHOLEHAH

sahabatku yang cinta Allah dan RosulNya, mari sejenak kita membaca ayat-ayat Allah dan hadisnya.
Kali ini khusus buat anda yang ingin tau, tentang satu hal yang menjadikan hidup kita senang dan bahagia,  dan Ini menjadi Dambaan setiap pria Muslim,
dalam sebuah lagu disebutkan:

“ Hanya istri saleha perhiasan Dunia...............bla....bla lanjutkan sendiri ya”
Jadi dalam Catatan ini akan disebutkan ciri – ciri istri shaleha, dalam hadist Rosulullah saw, bersabda yang artinya:

Abdullah bin Amr radhiallahu‘anhuma meriwayatkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam:
“Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR.Muslim no. 1467)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata:

“Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.”
(HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no.
257. Silsilah Al-Ahadits Ash Shahihah, Asy-Syaikh Al Albani rahimahullah, no. 287)


Dari Hadist Diatas dapat Disebutkan Bahwa Ciri-ciri istri Shalihah :

1.Slalu membuat suaminya nyaman dan tenang saat memandangnya.

2.Istri yang slalu penuh kasih sayang terhadap suami dan anak- anaknya

3.Selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi
suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak
dapat tidur sebelum engkau ridha.”

4.Slalu mendoakan Suaminya ketika Suami mencari nafkan dijalan Allah

5.Slalu Menjaga Auratnya ( tidak menghamburkan auratnya kpda orang lain)

6.Menjaga Harga diri dan kehormatan suaminya

7.Slalu berkata baik dan santun terhadap suaminya.

8.Berpenampilan baik dan bagus didepan suaminya

    9.Pandai mensyukuri pemberian dan kebaikan suami, tidak melupakan kebaikannya, karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda: "Diperlihatkan neraka kepadaku, ternyata aku dapati kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita yang kufur." Ada yang bertanya kepada beliau: "Apakah mereka kufur kepada Allah?" Beliau menjawab: "Mereka mengkufuri suami dan mengkufuri (tidak mensyukuri) kebaikannya. Seandainya salah seorang dari kalian berbuat baik kepada seorang di antara mereka (istri) setahun penuh, kemudian dia melihat darimu sesuatu (yang tidak berkenan baginya) niscaya dia berkata: "Aku tidak pernah melihat darimu kebaikan sama sekali." (HR. Al-Bukhari no. 29 dan Muslim no. 907)

baca juga : cara Sholat tahajjud dan Keutamaannya

rosulullah saw, bersabda:

لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَى امْرَأَةٍ لاَ تَشْكُرُ لِزَوْجِهَا وَهِيَ لاَ تَسْتَغْنِي عَنْهُ

"Allah tidak akan melihat kepada seorang istri yang tidak bersyukur kepada   suaminya padahal dia membutuhkannya." (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa.)


Istri-istri sholehah bisa kita rinci dengan lainnya yang Akan Q ambil keterangan-keterangannya dari hadis,

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan:

إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا، وَصَامَتْ شَهْرَهَا، وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا، وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا، قِيْلَ لَهَا: ادْخُلِي الْجَنَّةَ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

"Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai." (HR. Ahmad 1/191)


Semoga menjadi ilmu tambahan untuk sahabat dan kita semua yang membacanya, dan semoga kita menjadi lelaki atau perempuan yang senantiasa mendekatkan diri pada Allah dan cinta Kepada Sang Baginda Muhammad SAW. amin 

15 Responses to "CIRI-CIRI ISTRI SHOLEHAH "

  1. Pengen punya istri yang seperti disebutkan diatas,tapi saya sendiri merasa masih kurang bener jadi orang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbaiki diri untuk Allah dan Rosulnya maka kita akan mendapatkan istri yang kita mau, termasuk seperti diatas

      Hapus
  2. istri sholehah memang menjadi idaman bagi setiap kaum hawa yang ada di bumi ini mas tapi bener tuh kata mas rip sama saya juga masih belom merasa bener jadi orang :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas yaqin, manusia itu tdk ada yg sempurna kec nabi dan rosul. tp jika kita berusaha maka kita akan menuai kebaikan didalamnya

      Hapus
  3. semoga saja saya menjadi istri yang shalehah setelah membaca ciri-ciri di atas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin , menjadi sholehah adalah keputusan dan tindakan yang harus disegerakan mba ipah.

      Hapus
  4. bermanfaat sekali mas, buat yang belum menikah wajib rasanya baca artikel ini, apalgi di jaman skarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betoooolll mas isrofi kudu membaca dn yang pastinya berusaha menjadi sholeh dn sholehah. karna itu akan menguntungkan bagi kita dan keluarga kita semua

      Hapus
  5. mudah-mudah termasuk dalam istri yang sholehah :)

    BalasHapus
  6. semoga saja calon saya nanti jadi istri sholehah dengan kriteria diatas.hehe
    kayanya senang banget kalo dapet istri sholehah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener seneng kepalang seneng mas, tpi seorang yang mendambakan istri sholehah harus menjadikan diri nya sholeh terlebih dahulu mas, hehee

      Hapus
  7. subhanallah, sungguh wanita yang sholeh mempunyai derajat yang tinggi dan dispersilahkan memasuki surga dari pintu mana saja...sungguh mulia dan mempunyai keutamaan besar dalam hidup dan dalam dunia akhirat. saya pernah dengar ibu saya berkata, carilah istri yang bisa membawa kamu masuk surga...pertama saya tidak memahaminya....ternyata carilah istri yang sholeh yang dapat mengingatkan suami kalau berbuat salah dan selalu emnyayanginya serta anak-anaknya....oleh karena itu suami akan selalu sadar untuk berbuat baik dan selalu berusaha untuk menjadi suatu yang terbaik bagi keluarganya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heehe benerr banget tuh mbah, tpi mbah kok nyarinya yang sholeh bukan yang sholehah, ehehehe gpp slah tulis ya mbah?

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus


PALING BANYAK DIBACA