CARA SHOLAT TAHAJJUD DAN KEUTAMAANNYA

Sahabatku pernahkan sahabat melakukan sholat malam atau Bahasa Arabnya Qiyamullail, kalau sahabat sudah melalukannya maka lanjutkan, jika sahabat belom melaksanakannya maka mari mulai sekarang berjanji untuk melaksanakannya, untuk lebih menyakinkan para sahabat mari kita baca pembasan berikut.

Qiyamul Lail (Shalat di waktu malam) pada hakikatnya merupakan salah satu bentuk dzikrullah yang paling utama. Banyak ayat-ayat al-Qur'an dan Hadits yang menunjukkan keutamaan (fadhilah) qiyamul lail.

Salah satu diantaranya adalah janji Allah SWT. untuk menempatkan orang-orang yang istiqamah menegakkan qiyamul lail pada posisi yang terhormat.

Firman Allah SWT. :


ومن الليل فتهجد به نافلة لك عسى أن يبعثك ربك مقاما محمودا


"Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajjud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji". 
(QS. al-Isra' - 79).

Qiyamul lail lebih baik dilakukan dirumah sendiri. Tapi boleh juga dilakukan di masjid atau mushalla sepanjang bisa menghindari unsur-unsur yang berbau riya', sum'ah atau takabbur.

QIYAMUL-LAIL hendaknya dilakukan dengan cara-cara berikut :

1. - Mulailah dengan 2 rakaat yang ringan-ringan.
2. - Kemudian lanjutkan dengan shalat tahajjud sebanyak-banyaknya. (baik 2 rakaat - 2 rakaat maupun 4 rakaat - 4 rakaat).
3. - Seusai salam, bacalah tahmid, tamjid dan tasbih sebanyak-banyaknya. Akuilah bahwa Allah adalah Haq, janji-Nya haq, pertemuan dengan-Nya haq, hari hisab haq, surga dan neraka haq, Rasulullah SAW. haq, dan apa-apa yang dibawanya haq. Mohonlah ampun atas dosa-dosa.
4. - Boleh juga diselingi dengan membaca al-Qur'an.
5. - Dan akhirilah dengan shalat Witir (1 rakaat atau 3 rakaat).

*Dzikrullah Sepanjang Waktu by K.H. Moh. Idris Jauhari, Daa

Nah sahabatku itulah sekelumit pembahasan singkat dari guru kami alm.K.H. Idris Djauhari , Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amin prenduan sumenep madura.
semoga Ilmu ini menjadi ilmu yang bermanfaat buat kita semua dan menjadi amal kebaikan Untuk Beliau, Allaahummagfir lahu warhamhu wa'afiihi Wa'fu anhu. amin ya robbal alamin

3 Responses to "CARA SHOLAT TAHAJJUD DAN KEUTAMAANNYA"

  1. sekarang saya jadi jarang solat tahajud nih mas, terasa di ingatkan lagi.terimakasih :)

    BalasHapus
  2. ilmu yang sangat bermanfaat nih :)
    terimakasih

    BalasHapus


PALING BANYAK DIBACA