ARTI DIBALIK STIKER KODE PADA BUAH BUAHAN

Arti Dibalik Sticker Kode Pada Buah-buahan.JikaSahabat berbelanja buah-buahan di supermarket maupun di kios buah, sahabat akan mendapati label yang menempel pada buah yang sahabat beli. Mungkin sahabat tak pernah memperhatikan kode angka yang terdapat pada sticker label tersebut dan menganggapnya tidak penting bahkan mengganggu karena sahabat dibuat repot harus melepas sticker tersebut ketika hendak memakan langsung buah yang sahabat beli.

Meskipun tampak sepele dan seperti mengganngu, stiker atau label yang melekat pada buah tersebut mengandung kode yang berisi informasi penting tentang identitas produk buah yang akan anda konsumsi. Kode berupa angka pada sticker memberitahu sahabat bagaimana buah itu tumbuh. Dengan membaca kode, sahabat dapat mengetahui apakah buah itu hasil rekayasa genetika, organik, atau diproduksi dengan pupuk kimia, fungisida, atau herbisida.

Berikut adalah makna kode angka pada buah yang perlu sahabat ketahui:
Jika kode angka hanya ada empat digit, ini berarti bahwa produk itu tumbuh secara konvensional atau "tradisional" dengan menggunakan pupuk pestisida ataupun pupuk organik. 

Empat angka dari kode tersebut juga menginformasikan jenis dari masing-masing buah. Sebagai contoh, kode untuk buah pisang adalah 4011, 4032 untuk semangka dan melon, 4139 untuk apel hijau dan 4131 untuk apel Fuji.


Jika kodenya lima digit dan nomor dimulai dengan angka "8", ini memberitahu sahabat bahwa buah tersebut adalah hasil modifikasi genetika. Modifikasi genetik artinya telah direkayasa, bukan alamiah lagi.

Jika kode angka lima digit dan nomor dimulai dengan "9", ini menginformasikan bahwa produk itu tumbuh secara organik dan tidak dimodifikasi secara genetik.
Sebagai contoh dan supaya sahabat tidak terlalu repot mengingatnya, perhatikan angka pertamanya saja. Berikut contohnya:

4139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida.



84139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik



94139 artinya buah apel hijau tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik



atau contoh pada pisang:



4011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan tidak organik karena diberi pupuk pestisida



84011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional, tidak organik dan hasil rekayasa genetik



94011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik



nah sahabatku Berdasarkan label tersebut dapat disimpulkan bahwa buah berlabel 5 angka dengan angka 9 didepan adalah buah paling sehat. Hindari yang berlabel 5 angka dengan angka 8 diawal karena buah tersebut merupakan hasil rekayasa genetika yang tentunya tidak lebih baik dan tidak lebih sehat dari buah yang tumbuh secara organik.

mungkin itu saya yang dapat saya bagikan,semoga bermanfaat dan menjadikan kita lebih hati - hati dalam membeli buah buahan.

4 Responses to "ARTI DIBALIK STIKER KODE PADA BUAH BUAHAN"

  1. baru tau ari kode-kode nya, terimakasih informasinya

    BalasHapus
  2. Makasih ya atas sharenya keren jadi pengen coba
    manfaat kolang kaling

    BalasHapus
  3. ternyata ada artinya ya saya malah gak pernah merhatikan mas

    BalasHapus


PALING BANYAK DIBACA