KEUTAMAAN MENGANTAR JENAZAH

Keutamaan Mengantarkan Jenazah.Sahabatku yang cinta Allah dan Rosul mari kita sejenak merenungkan dan memikirkan Apa yang akan Dibawa oleh kita Nanti kalau kita 
sudah meninggal?

Dan Apakah Amal kita Sudah banyak?

Apakah Anak kita akan mendoakan kita?

Apakah Kita sudah mempunyai Tabungan Untuk akhirat kita?

Dan pertanyaan itu biarkan sahabat menjawab, semoga dengan pertaanyaan itu kita dapat menjadi lebih baik, kita lebih dekat lagi kepada Allah Subhanahu wataala, amin ya robbal alamin

Sahabatku yang baik jika kita meninggal maka tentulah kita diantarkan Oleh sanak famili dan kerabat dekat, teman dan saudara muslim. Dimana kita hanya diantarkan sampai keliang lahat saja, dan mereka tidak akan ikut dengan kita, akan tetapi sudah pasti mereka akan menyusul kita, entah itu setahun atau seminggu atau bahkan saat itu juga. Mati adalah rahasia Allah dan Ketika Kita Sudah mati Maka hanya Amal kebaikan yang akan menemani kita.

Sahabatku selagi kita didunia mari kita senantiasa berbuat baik, melaksanakan perintah Allah dan rosulNya, jangan sampai kita Lalai, terutama dalam sholat 5 waktu.
Saya ingin berbagi sebuah Hadist yang menerangkan Keutamaan mengantar jenazah, dimana hadist ini sudah banyak yang Hafal dan banyak pula yang mengetahuinya, semoga renungan diatas menjadikan motifasi agar kita lebih mempersiapkan diri untuk Bekal kita nanti.
وَحَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ حَدَّثَنَا بَهْزٌ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنِي سُهَيْلٌ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:
مَنْ صَلَّى عَلَى جَنَازَةٍ وَلَمْ يَتْبَعْهَا فَلَهُ قِيْرَاطٌ فَإِنْ تَبِعَهَا فَلَهُ قِيْرَاطَانِ قِيْلَ وَمَا الْقِيْرَاطَانِ قَالَ أَصْغَرُهُمَا مِثْلُ أُحُدٍ

Dan telah menceritakan kepadaku Muhammad bin Hatim telah menceritakan kepada kami Bahz telah menceritakan kepada kami Wuhaib telah menceritakan kepadaku Suhail dari bapaknya dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:
Barangsiapa yang mensholatkan jenazah, namun ia tidak sampai ikut mengantarnya maka baginya pahala satu qirath. Dan jika ia turut mengantarnya, maka baginya pahala dua qirath. Kemudian ditanyakanlah, Seperti apakah dua qirath itu? beliau menjawab: Yang paling kecil di antaranya adalah seperti gunung uhud.
(Shahih Muslim : 945 – 53 )


حَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوْخَ حَدَّثَنَا جَرِيْرٌ يَعْنِي اِبْنَ حَازِمٍ حَدَّثَنَا نَافِعٌ قَالَ قِيْلَ ِلابْنِ عُمَرَ إِنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُوْلُ:
سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ مَنْ تَبِعَ جَنَازَةً فَلَهُ قِيْرَاطٌ مِنَ اْلأَجْرِ فَقَالَ اِبْنُ عُمَرَ أَكْثَرَ عَلَيْنَا أَبُوْ هُرَيْرَةَ فَبَعَثَ إِلَى عَائِشَةَ فَسَأَلَهَا فَصَدَّقَتْ أَبَا هُرَيْرَةَ فَقَالَ اِبْنُ عُمَرَ لَقَدْ فَرَّطْنَا فِي قَرَارِيْطَ كَثِيْرَةٍ

Telah menceritakan kepada kami Syaiban bin Farukh telah menceritakan kepada kami Jarir bin Hazim telah menceritakan kepada kami Nafi’ ia berkata; telah dikatakan kepada Ibnu Umar, bahwa Abu Hurairah berkata:
Saya mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Siapa yang mengikuti jenazah, maka baginya satu qirath pahala. Ibnu Umar berkata, Yang paling banyak (menceritakan hadits kepada kita) adalah Abu Hurairah. Lalu ia pun mengutus seseorang kepada Aisyah dan menanyakan hal itu padanya, maka Aisyahpun membenarkan Abu Hurairah. Maka Ibnu Umar pun berkata, Sungguh, kita telah melewatkan qirath yang banyak.
(Shahih Muslim : 945 – 55 )

baca juga artikel Ciri ciri istri Sholehah

Sahabat semoga dua hadist diatas dapat menambah keyakinan kita untuk mengantarkan jenazah saudara kita yang seiman dan seagama dengan kita, Betapa Besar Gunung Uhud, dimana saya pernah kesana dan rasanya saya tidak bisa menaikinya, jika sahabat ingin tau Jabal Uhud atau Gunung Uhud maka jangan Segan untuk Menyisihkan Uang Sahabat untuk pergi Berziarah kepada Nabi Muhammad ( madinah dan makkah) Gunung uhud terletak diluar Kota madinah dan setiap orang yang umroh pasti akan Ke gunung tersebut dimana dibawah gungung uhud terdapat Makam ( kuburan) para Syahid uhud.

Semoga bermanfaat  dan menjadi ilmu yang mudah untuk kita Amalkan, jangan sungkan untuk menyebarkan artikel ini. ( cakmojib)

24 Responses to "KEUTAMAAN MENGANTAR JENAZAH "

  1. subhanallah pahala dari qirath sangatlah besar ya, semoga ilmu diatas dapat bermanfaat buat kita mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya robbal alamin. sukron mba devi sudah maen2 kesini heh

      Hapus
  2. wow ilmu agama si mas sangat luar biasa pembahasannya, pasti seorang guru ya (ustadz).?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mba devi bisa aja saya hanya menyalurkan ilmu saya lewat blog saya ini. Agar saya tidak lupa dengan apa yang sudah saya tau mba.

      Saya bukan ustad saya hanya hamba Allah yang ingin selalu dekat denganNYA.

      Hapus
  3. Amin, terima kasih kang mojib ilmunya, semoga berkah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas isrofi sama2 semoga bisa istiqomah . Amin

      Hapus
  4. Masya Allah ternyata diganjar pahala yang besar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas denny maka dari itu jangan malas untuk melakukannya.

      Hapus
    2. saya cukup sering mengantar jenazah bila ada tetangga yang meninggal kecuali dikuburnya saat jam saya bekerja baru saya gak ikut

      Hapus
    3. wah keren dan hebat, klo disini saya karang mas karna kebanyakan pake mobil ambulan ke kuburannya.

      Hapus
  5. Subhanallah
    By the way, blogger jarang banget yang ngepos kayak gini. Diterusin aja mas. Biar antimainstream

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bermanfaat ya mas hadi. Ya berkat dukungan sahabat semua alhandulillah saya masih bisa ngepot walau banyak kesibukan hanya demi satu kebaikan. Untuk bekal

      Hapus
  6. banayak banget ya gan keutamaan antar jenazah, makasih banyak sob atas post yang bermanfaat ini, manambah wawasann bagi ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya robbal alamin. Semoga kita diberikan ampunan oleh Allah dan bsa menjadi insan yg suka menolong satu sama yg lain. Keep istiqomah ya mas aidil

      Hapus
  7. iya mas, kadang kalo ada yang meninggal yang nganterinnya sedikit padahal yang melayat banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karna sebagian dari merek belom tau keutamaannya mas. Maka dari itu mari sebarkan artikel singkat ini.

      Hapus
  8. Jujur saja aku nggak pinter ilmu agama, cuma kalau antar umat muslim bisa saling menghormati dan saling membantu pasti sangat indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betoooll banget mas haris. Kalau kita sudah bisa saling menghargai maka kita dengan sendirinya akan dihargai.

      Hapus
  9. Ya benar mas, dengan mengantar jenazah itu artinya menyadari bahwa kematian akan menjemput dirinya tanpa sepengetahuan dirinya. Selain itu bila kita berbaik hati mengantar jenazah juga insya Allah orang lain akan mau mengantar jenazah dari mayat kita kelak. Dan juga jadi pelajaran bagi diri sendiri untuk menyiapkan diri.

    Subhanallah, semoga jauh niat untuk dikasih sesuatu dari mengantar jenazah, tapi melainkan ikhlas mau dikasih atau tidaknya. Tapi karena pelajarannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas adam. Kebaikan akan dibalas dengan kebaikan. Begitu juga sebaliknya. Maka dari itu dianjurkan untuk selalu berbuat baik.

      Hapus
  10. Sungguh Allah SWT Maha pemberi yang berlimpah kepada siapa saja yang dikehendakiNYA. bayangkan hanya mensholati dan mengantar jenazah aja kita di beri pahala seperti gunung uhud. dan inilah keutamaan dalam menghormati jenazah saudara kita yang muslim. makasih infonya kang.

    BalasHapus


PALING BANYAK DIBACA