TATA CARA WUDHU ROSULULLAH | BAB WUDHU



Tata cara wudhu dan kesempurnaannya
Sahabatku yang dimuliakan Allah mari kita mengaji sejenak tentang hal atau Bab wuhdu.
Dimana banyak sekali diantar kita yang awam masih belom begitu tau dan sempurna dalam melakukan hal yang satu ini.
Kesempurnaan wuhdu akan membuat sholat kita khusuk dan sempurna. Tapi jika wudhu kita tidak benar dan sempurna maka sholat kita jauh dari ada ke khusuan, maka dari itu mari kita mengaji bersama dan membaca Hadist Rosulullah tentang bab wudhu ini.

عَنْ حَمْرَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ ؛ أَنَّ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانِ رضي الله عنه دَعَا بِوَضُوْءٍ. فَتَوَضَّأَ. فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ. ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ. ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ. ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْمِرْفَقِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ. ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ. ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ. ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْكَعْبَيْنِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ. ثُمَّ غَسَلَ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ. ثُمَّ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوْئِي هَذَا. ثُمَّ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوْئِي هَذَا، ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ، لاَ يُحْدِثُ فِيْهِمَا نَفْسَهُ، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ


Hadits riwayat Hamran seorang hamba yang dimerdekakan Usman bin Affan Radhiyallahu’anhu
Bahwa Usman Radhiyallahu’anhu minta air wudhu kemudian beliau berwudhu. Beliau membasuh kedua telapak tangannya tiga kali lalu berkumur dan mengeluarkan air dari hidung. Kemudian membasuh wajahnya tiga kali, lantas membasuh tangan kanannya sampai siku tiga kali, tangan kirinya juga begitu. Setelah itu mengusap kepalanya, kemudian membasuh kaki kanannya sampai mata kaki tiga kali, begitu juga kaki kirinya. Kemudian berkata: Aku pernah melihat Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam berwudhu seperti wudhuku ini, lalu beliau bersabda: Barang siapa yang berwudhu seperti cara wudhuku ini, lalu salat dua rakaat, di mana dalam dua rakaat itu ia tidak berbicara dengan hatinya sendiri, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni. (H.R.Muslim)


dari hadist diatas sudah jelas rosulullah memperlihatkan kepada kita bagai mana beliau berwudhu.

1. Membasuh kedua Telapak tabgannya 3x.

2.Berkumur dan mengeluarkan air dari Hidung Beliau.

3. Membasuh Wajah 3x.

4. Membasuh kedua tangannya hingga siku ( kanan dan kiri ).

5. Mengusap kepala.

6. Membasuh kedua kaki hingga Mata kaki 3x.

Dan Barang siapa yang berwudhu seperti cara wudhuku ini, lalu salat dua rakaat, di mana dalam dua rakaat itu ia tidak berbicara dengan hatinya sendiri, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.


Subhanallah sungguh Indah jika kita dapat melakukannya dengan baik karna dosa2 kita akan diampuni oleh Allah.SWT.

marilah sahabat kita perbaiki wudhu dan sholat kita agar kita khusuk dalam menjalankan Perintah Allah.

Jangan Lupa untuk share agar saudara muslim dan muslimah mengetahui dengan ilmu wudhu ini.

4 Responses to "TATA CARA WUDHU ROSULULLAH | BAB WUDHU"

  1. kalau melakukan wudlu disaat bulan puasa gimana mas?
    apa mesti berkumur juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkumur saat puasa itu hukumnya makruh mas, sebaiknya tidak dilakukan, jika tidak berpuasa maka sangat baik untuk dilakukan karna Hukumnya Sunnah,.

      Hapus
  2. wah cocok banget nih mas tutorial tata cara wudhu yang benar, bisa saya praktekkan sekaligus untuk memberikan instruksi ke anak didik saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, mari kita amalkan, dan ajarkan kpd yang lain, sebab itulah yang dikatakan ilmu yang nafi atau bermanfaat.

      Hapus


PALING BANYAK DIBACA