DOA SHOLAT ISTIKHOROH | BAB ISTIKHOROH

Baca : CARA BERDOA AGAR DIIJABAH

Sahabatku yang baik hati

Kadang kita dibingungkan oleh Dua Pilihan yang mana pilihan itu menentukan kehidupan kita kedepan, entah itu berkenaan dengan JODOH atau PEKERJAAN, Dan yang Lainnya, dimana setiap kehidupan kita pasti akan mengalami kebingungan dalam memutuskan, Maka dari itu Rosulullah memberika solusi untuk kita, tentunya dengan Sholat Istikhoroh dimana sholat ini sering kita dengar akan tetapi kita Sulit untuk mengerjakannya, disebabkan karna ketidak tauan kita, tidak tau bagai mana doanya atau bacaannya.

nah Sahabatku yang keren
sholat istikhoroh itu sama seperti sholat sunnah lainnya Dua  rokaat atau Lebih dimulai dengan takbir diakhiri dengan salam, yang membedakan Adalah doanya dan Niatnnya:

Niat Sholat Istikhoroh:

Usholli Sunnatan istikhoroh rok ataini mustaqbilalkiblati lillahi ta'aalaa.

" saya niat sholat Istikhoroh dua rokaat menghadap kiblat karna Allah ta'aala"



Doa setelah sholat istikhoroh, Sebuah hadits tentang do'a setelah salat istikharah dari Jabir r.a mengemukakan bahwa do'a tersebut dapat berbunyi :

"Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhailah aku dengan kebaikan itu". (HR Al Bukhari)





اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ 
وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ


“Ya Allah, sesungguhnya aku minta pilihan yang
tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu, dan
aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi
persoalanku) dengan ke-Maha Kuasaan-Mu. Aku
mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu yang
Maha Agung, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa,
sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang
aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha
Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah apabila Engkau
mengetahui bahwa urusan ini (disebutkan
masalahnya) lebih baik dalam agamaku, dan
akibatnya terhadap diriku di
dunia atau di akhirat maka  takdirkanlah untukku,
mudahkan-lah jalannya, kemudian berilah berkah.
Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa
persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama,
perekonomian dan akibatnya kepada diriku di dunia dan akhirat, maka singkirkanlah persoalan tersebut dan jauhkan aku
daripadanya, takdirkan kebaikan untukku dimana
saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-
Mu kepadaku “
Amin ya robbal alamin. Al-Fatihah


Semoga apa yang kita hajatkan terkabul dan  apa yang membuat kita bingung diluruskan oleh Allah, amin, dan mungkin ini dulu karna sudah mengantuk nih, waktunya bo2k, dan bagi yang bingung nyari Istri monggo dipilih 2 atau 4 orang lalu sholat istikhoroh, minta yang terbaik, klo belom perbanyaklah sholawat dan Sedekah, maka jodoh akan mendekat kepada Kita. amin

30 Responses to "DOA SHOLAT ISTIKHOROH | BAB ISTIKHOROH"

  1. Memang dengan beristikharah hasilnya lebih baik, apalagi calon istri juga buat masa jangka yang lama bahkan selamanya. Biasanya saya juga suka beristikharah sebab dengan cara itu kita merasa dekat dengan pilihan Ilahi.

    Jangan lupa mas komentar baliknya, sebab saya udah 3 komentar di blog mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas, segala sesuatu yg dipasrahkan kpd Allah akan mejadi baik dan berkah, oke mas siappp komback

      Hapus
    2. oke mas siap saya komback, semoga bermanfaat ya mas

      Hapus
    3. koq komen minta komen balik sih mas?
      latrus maksudnya komen disini buat apa coba?

      Hapus
    4. gpp mas yanto, namanya juga silaturrahim , mengajak untuk komen balik itu kan sunnah hukumnya bagi para blogger. hehehe peace

      Hapus
  2. Artikelnya sangat bermafaat sekali mas, memang betul yang namanya manusia kadang kala pada situasi tertentu suka mengalami kebingungan dan keragu-raguan untuk menentukan pilihan mana yang terbaik bagi dirinya. Jika seperti ini, ya salah satu caranya adalah dengan melakukan shalat Istikhoroh, dan memohon petunjuk kepada Allah SWT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah mas marnes pinter banget nih
      tumben pinter

      Hapus
    2. betul banget mas marnes, dengan begitu petunjuk akan selalu ada buat kita, dekatkan diri pada Allah maka Allah akan Lebih dekat dengan kIta. amin

      Hapus
  3. Ini sering saya lakukan pas bujang, setelah nikah jarang lagi hikhik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah menikah ya tetap dilakukan mas, siapa tau ada lagi hehehe

      atau ya Untuk pekerjaan dan Lain Sebagainya.

      Hapus
  4. Alhamdulillah, makasih ya gan :)
    Oh ya Blog anda sudah saya follow, tolong follow juga blog saya ya :)
    Salam blogwalking :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama gan semoga bermanfaat. say folback ya

      Hapus
  5. kadang jika saya sedang mengalami masalah, suka Shalat Istikhoroh juga kang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah kang semoga masalahnya bisa menjadi hikmah dan penambah kesabaran kita

      Hapus
  6. biasanya saya melakukan sholat istikhoroh saat mempunyai dua pilihan mas, kadang merasa bingung harus milih yang mana.hehe
    terimakasih share doanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah kegunaan dari sholat istikhoroh, jangan Lupa mas hendri untu slalu dekat dan meminta petunjuknya ketika kita Kebingungan

      Hapus
  7. Thank you so much for dropping by my blog and leaving me a very sweet comment... Have a great day xox

    BalasHapus
    Balasan
    1. you are welcome launna, your blog is beautiful. semoga gak salah hehehe

      Hapus
  8. Insya Allah, terang jadinya kalo udah ngelaksaniin shalat ini ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener bnget mas, asal yakin maka akan ditunjukkan kepada kebaikan

      Hapus
  9. memang sholat istiqoroh itu salah satu jenis usaha yg mesti kita lakukan bila kita kebingungan menentukan pilihan yamas

    BalasHapus
    Balasan
    1. betoooollll banget mas yanto, nih mas yanto memang slalu tepat dalam berkomentar, hehehe keren,

      Hapus
  10. Setiap akan memulai sesuatu yang baik agar kita selalu berada di jalan yang lurus hendaklah kita memohon petunjuk dari Nya terimakasih sudah mengingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mas abdullah, semoga bermanfaat dan bisa diamalkan amin

      Hapus
  11. shalat istikhoroh memang jalan terbaik ketika kita dihadapkan 2 pilihan,share yang bermanfaat mas ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah semoga bisa mengamalkannya ya mba amin

      Hapus
  12. dengan adanya solat Istikarah ..perasaan kita lebih tenang untuk membuat pilihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bemer tuh gan, maka dari itu mari senantiasa melaksanakannya, okeh

      Hapus


PALING BANYAK DIBACA