BAHAYA SYIRIK TERSEMBUNYI | BAB SYIRIK



Sahabatku yang dirahmati Allah

Terkadang kita mengira bahwa apa yang kita perbuat sudah benar, meskipun kita belom tau kebenaran dari suatu perbuatan itu, banyak juga hal kecil yang kita lakukan yang menyebabkan kita terpuruk dan sengsara, suatu hal kecil itu kadang sering kita lakukan, maka dari itu saya ingin berbagi semoga kita tidak lagi melakukan hal yang tidak disukai Allah.swt.

وَعَنْ أَبِي سَعِيدٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَرْفُوعًا: (أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِمَا هُوَ أَخْوَفُ عَلَيْكُمْ عِنْدِي مِنَ 
الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ؟) قَالُوا: بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ! قَالَ: (الشِّرْكُ الْخَفِيُّ، يَقُومُ الرَّجُلُ فَيُصَلِّي، فَيُزَيِّنُ صَلَاتَهُ، لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ). رَوَاهُ أَحْمَدُ.

Dari Abu Sa’îd radhiyallâhu ‘anhu secara marfu’, (beliau berkata bahwa Rasulullah shallallâhu ‘alaihi wa sallam bertanya), “Maukah kalian kuberitahukan tentang sesuatu yang paling kukhawatirkan terhadap kalian daripada Al-Masîh Ad-Dajjâl?”

(Para shahabat) menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah!”

Beliau pun bersabda, “Yakni syirik tersembunyi, yaitu ketika seseorang berdiri untuk mengerjakan shalat, lalu memperindah shalatnya karena mengetahui bahwa ada orang lain yang memerhatikannya.”

Diriwayatkan oleh Ahmad.

Saudaraku Yang Mulia Adalah para shahabat menyebut-nyebut tentang fitnah Al-Masih Ad-Dajjal dan merasa khawatir darinya. 

Maka Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam mengabarkan kepada mereka bahwa ada suatu larangan yang beliau lebih takutkan atas mereka daripada fitnah Dajjal, yaitu kesyirikan pada niat dan maksud yang tidak tampak bagi orang lain. 

Beliau pun kemudian menafsirkannya dengan makna membaguskan amalan yang seharusnya ditujukan untuk wajah Allah, karena adanya orang yang memerhatikannya.
Pada hadits di atas terdapat peringatan terhadap riya, juga penafsiran tentang riya.


Faedah Hadits

1. Pada hadits terdapat faedah petunjuk tentang kasih sayang Nabi shallallâhu ‘alaihi wa sallam terhadap umatnya dan nasihat beliau kepada mereka.

2. Bahwa riya itu lebih menakutkan bagi orang-orang shalih daripada fitnah Dajjal.

nah mungkin itu saja yang dpt saya bagikan, semoga bermanfaat dan semoga kita tidak termasuk orang - orang yang riya, amin

mari sebarkan kebaikan dan cegah kemungkaran dengan begitu islam bisa kuat dan menjadi agama yang kokoh.

0 Response to "BAHAYA SYIRIK TERSEMBUNYI | BAB SYIRIK"

Posting Komentar


PALING BANYAK DIBACA