LARANGAN KELUAR RUMAH SAAT MAGRIB

baca : Hubungan fenomena Alam dengan waktu sholat

Sahabat Arrahman blog yang baik hati mari kita bersyukur kpd Allah ata nikmat yang telah kita nikmati, semoga kita termasuk orang-orang yang slalu bersyukur amin.

Pada artikel ini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang sudah banyak diketaui oleh kita semua. Terutama bagi penduduk pedesaan dimana sejak kecil kita sudah terbiasa mendengar dari Orang tua kita: nak jangan keluar rumah di waktu magrib nanti diculik gendruo. Itulah sebagaian kta yg saya ingat dan masih banyak lagi yg blom bisa saya sebutkan.

Mungkin nanti sahabat arrahman bisa berbagi di kotak blog, mari kita baca sejenak dan semoga dengan ilmu yg sedikit ini kita bisa menjadi lebih tau dan mengerti. Amin ya robb
Maghrib merupakan waktu Shalat  tiga rakaat yang dilakukan ketika bumi berpindah waktu dari siang menjadi malam hari. Saat Maghrib tiba, orang tua biasanya menyuruh anaknya untuk masuk ke dalam rumah dan menghentikan aktivitas di luar rumah. Mereka percaya bahwa saat Maghrib tiba, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Setelah Magrib, mereka kembali membiarkan anak-anaknya untuk bermain di luar rumah.

Bagi umat Islam, larangan ini merupakan mitos yang dipercaya secara turun temurun. Biasanya mereka hanya meneruskan kebiasaan orang tua dan tidak mengetahui bahwa sebenarnya larangan ini ada dalam hadist Nabi. Dalam sabdanya, Nabi SAW mengatakan bahwa ketika Maghrib, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Ternyata, hadist Nabi ini bisa dijelaskan secara ilmiah.


Dalam hadist Nabi Muhammad SAW bersabda
“Jangan kalian membiarkan anak anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam,” 
(Dari Jabir dalam kitab Sahih Muslim).


Selain itu juga dijelaskan dalam Sahih Muslim Nabi, bersabda: (Jika sore hari mulai gelap maka tahanlah bayi bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu, Jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu pintu rumah dan sebutlah nama Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat air kalian dan sebutlah nama Allah. dan tutup tempat makanan kalian dan sebutlah nama Allah. meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya.”

semoga ilmu yang sedikit ini menjadi ilmu yang nafi' dan bisa kita amalkan sehingga kita termasuk orang2 yang menghidupkan sunnah, amin

jangan lupa untuk share ya sahabatku karna dengan berbagi ilmu maka kita sudah berbuat kebaikan. 

4 Responses to "LARANGAN KELUAR RUMAH SAAT MAGRIB"

  1. Saya memang melarang anak saya untuk keluar rumah ketika orang lagi sholat...walaupun kami bukan muslim gan....

    BalasHapus
  2. Kami pun demikian Mas Musafirmuda, anak saya kami larang keluar pas waktu Maghrib. Jadi kalau mau ajak sholat Maghrib di Masjid, nungguin azan selesai. Bagaimana menurut Mas Musafirmuda??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau memang begitu sebaiknya berangkat kemesjid lebih awal, tentunya sebelum adzan magrib, maka itu lebih baik dan berlipat pahalanya.itu saran saya mas, tpi klau setelah adzan juga gpp.

      Hapus


PALING BANYAK DIBACA