KEUTAMAAN MESJIDIL HARAM 1


Alhamdulillah Puji syukur ke Hadirat Allah SWT, yang masih memberikan kita kesehatan dan nikmat yang begitu besar sehingga kita masih bisa bernafas dan berjalan dimuka bumi ini, Sahabat arrahman blog yang dimulyakan Allah. amin  pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel yang sudah saya kaitkan di Foto mesjid termegah didunia, yaitu MESJID PALING UTAMA DIDUNIA yang in shaa Allah saya akan merangkum beberapa Hadist yang menyebutkan Keutamaan mesjid tersebut.

baik sahabat Arrahman blog mari kita baca hadist - hadist berikut dengan seksama semoga dengan begitu kita bisa mengetahui tempat yang dimulyakan Allah ini.

1. Keutamaan Mesjidil Haram Kota Makkah

Dalam Sebuah Hadist disebutkan: 

حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِي عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عُمَيْرٍ عَنْ قَزَعَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا سَعِيدٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَرْبَعًا قَالَ سَمِعْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ غَزَا مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثِنْتَيْ عَشْرَةَ غَزْوَةً ح حَدَّثَنَا عَلِيٌّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلَّا إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ .وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَسْجِدِ الْأَقْصَى

Tidaklah ditekankan untuk berziarah kecuali untuk mengunjungi tiga masjid, Masjidil Haram, Masjid Rasul & Masjidil Aqsha. [HR. Bukhari No.1115].


حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ قَالَ أَخْبَرَنَا مَالِكٌ عَنْ زَيْدِ بْنِ رَبَاحٍ وَعُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الْأَغَرِّ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ الْأَغَرِّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ .رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلَاةٌ فِي مَسْجِدِي هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلَاةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلَّا الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ

Shalat di masjidku ini nilainya seribu kali lebih baik dibandingkan pada masjid lain kecuali pada Al Masjidil Haram. [HR. Bukhari No.1116].

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

.إِنَّمَا أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ رَبَّ هَٰذِهِ الْبَلْدَةِ الَّذِي حَرَّمَهَا وَلَهُ كُلُّ شَيْءٍ ۖ وَأُمِرْتُ أَنْ أَكُونَ مِنَ الْمُسْلِمِينَ 

"Aku hanya diperintahkan untuk menyembah Tuhan negeri ini (Mekkah) Yang telah menjadikannya suci dan kepunyaan-Nya-lah segala sesuatu, dan aku diperintahkan supaya aku termasuk orang-orang yang berserah diri" [an Naml/27:91].



Nah itulah Hadist dan ayat Al-qur'an yang menerangkan kemuliaan kota makkah dan dan keutamaannya. 
2. Keutamaan Mesjid Nabawi Kota Madinah

 Dalam sebuah Hadist Disebutkan:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ.
“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom.” (HR. Bukhari no. 1190 dan Muslim no. 1394, dari Abu Hurairah)
Dalam riwayat lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ.
“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah no. 1406, dari Jabir bin ‘Abdillah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahih At Targhib wa At Tarhib no. 1173)

itulah hadist yang Arrahman bog rangkum diartikel ini, dan masih banyak hadist lain menyebutkan keutamaannya.

sahabat arrahman blog yang dimulyakan Allah mungkin sekian dulu artikel ini dan akan dilanjutkan Dibagian Selanjutnya.

Keutamaan Mesjidil Haram bagian 2









4 Responses to "KEUTAMAAN MESJIDIL HARAM 1"

  1. alhamdulillah dapat ilmu dipagi hari ini..semoga saya bisa cepat berkunjung kesana sob...

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, banyak berdoa dan usaha serta banyak sedekah saja kang, inshaa Allah Bisa kesana,amin

      Hapus
  2. tepat saya baca mlam jumat ini, penuh ilmu dan semoga berkah :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin ya robb, perbanyak sholawat mba indah, semoga hidupnya indah dan berkah amin

      Hapus


PALING BANYAK DIBACA