KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF 7 | Hari Terakhir Umroh dan Haji

KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF UMROH

(Hari ketujuh Akhir : CHECK-OUT HOTEL JEDDAH TO AIRPORT)
          "Bapak-bapak ibu-ibu yang dimulyakan oleh Allah, saudara-saudari sekalian dan adik-adik yang berbahagia…!

Tiada pertemuan tanpa perpisahan dan sungguh bukanlah pertemuan yang kita sesali tapi perpisahanlah yang perlu kita sesali, mengapa kita harus bertemu sementara kita harus berpisah. Berat rasanya hati Kami melepaskan jamaah yang berbahagia ini, selalulah kami terkenang akan suka dan duka ketika bermunajat kepada-Nya di Raudhah, terbayang hati kami ketika kita ditengah keheningan malam dalam keadaan terkantuk-kantuk, bangun lalu ambil air sembahyang, kita basahi wajah kita, kita basuh tangan kita, kita usap kepala kita, kita basahi pula dua telinga kita dan kita basuh pula kaki kita, lalu kita jumpai Allah pada waktu tawaf dan kita tunduk tafakkur di depan multazam lalu kita berdoa 'Akankah kita akan bersua kembali dengan nikmat ilahi ini?'.


         Baiklah jamaah yang berbahagia… sebelum tangisan hati kita berlanjut, sungguh sangat mulia, perjalanan pulang kembali ke tanah air kita tercinta ini kalau kita awali membaca doa safar bersama :

بسم الله الرحمن الرحيم... الله أكبر. الله أكبر. الله أكبر
سبحان الذي سخر لنا هذا وما كنا له مقرنين, و إن إلى ربنا لمنقلبون.
اللهم إن نسألك فى سفرنا هذا البر والتقوى, ومن العمل ما ترضى, اللهم هون علينا سفرنا هذا, وأطو عنا بعده.
اللهم أنت الصاحب فى السفر والخليفة فى الأهل. اللهم إني أعوذبك من وعثاء السفر وكأبة المنظر وسوء المنقلب فى المال والأهل
.
InsyaAllah dengan doa safar ini, perjalanan kita selamat sampai tujuan bertemu dengan sanak keluarga dalam keadaan bahagia seiring ridho Allah SWT. Amien…dan akan mendapatkan umroh dan ziarah kita yang maqbul yang diterima oleh Allah SWT.

          Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih atas perhatian bapak-ibu sekalian kepada kami dan telah banyak mengikuti bimbingan kami, semoga Allah merahmati kita selalu, atas kebaikan dan pemberian bapak ibu sekalian kepada Kami dan kepada Bapak sopir ini yang telah dengan sabar melayani kita, kami ucapakan sekali lagi banyak-banyak terima kasih, karena barang siapa tidak bersyukur pada manusia berarti ia tidak bersyukur pada Allah (man lam yasykurunnaz lam yasykurullah). Atas kebaikan jamaah ini kami tidak bisa membalasnya kecuali kami hanya bisa mendoakan, dimana doa kami ini walaupun tidak sefasih iman mesjidil haram, insyaAllah Allah akan mengabulkan doa kita, amien…”.
(Berdoalah sang gaed semampu ia hafal dan kuasai dalam doa untuk mengantar kepulangan jamaah ke bandara dan ketanah air tercinta, dan jamaah cukup mengamini). (Setelah itu isilah dengan kesan dan pesan kepada sebagian jamaah, berkenaan dengan bimbingannya, pelayanannya khususnya terhadap biro perjalanan itu sendiri). 

        "Jamaah yang berbahagia 'tiada gading yang tak retak', tentu dalam pelayanan kami pasti bapak-ibu sekalian mendapatkan sesuatu yang tidak berkenan dari itu, kami mohon maaf, atas nama perwakilan travel kita ini juga, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelayanan kami tidak berkenan khsusunya masalah hotel, catering dan bus, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk kenyamanan dalam ibadah bapak-ibu sekalian, tapi itulah kemampuan kami yang dapat kami persembahkan, semoga Allah meridhoi…

Selanjutnya bapak-ibu sekalian yang berbahagia. 'don't forget to remember' = kenanglah ingat lupakan jangan, andaikata pelayanan kami selama ini baik dan berkenan dihati bapak-ibu sekalian, tetaplah selalu bersama kami dengan biro perjalanan kita tercinta ini. Kami harap hubungan persaudaraan kita tidaklah putus hingga saat ini, silaturahmi sesama kita ditanah air kita tercinta tetaplah terjalin dengan erat, kalau perlu kita adakan selalu reuni pertemuan minimal setiap tahun sekali, tidak mampu kita adakah reuni didunia ini karena kita saling berjauhan kita berharap kepada Allah mudah-mudahan kita masuk kedalam surga Allah maka kita akan adakan reuni di surga… Semoga Allah mendengar doa-doa kita, amien…

          "Jamaah yang dimulyakan oleh Allah, sebelum kita sampai, kami mohon perhatiannya beberapa pengumuman, dari sekarang kami mohon untuk mempersiapkan diri untuk turun, barang-barang didalam bus ini tak satupun ada yang ketinggalan sekecil apapun, setelah yakin tidak ada yang ketinggalan dan bus ini tidak lagi bergerak, turun dengan tenang sambil membawa hand-carry/troly masing-masing langsung memasuki security airport, setelah itu langsung menemui perwakilan kami didekat counter garuda untuk menerima passport-pasport dan boarding, setelah itu rasanya berat hati kita untuk berpisah, tapi dengan hati yang penuh ridho, kami persilahkan bapak-ibu sekalian memasuki ruang imigrasi, jangan lupa masuknya per muhrim, setelah itu jamaah sekalian memasuki ruang tunggu, menunggu boarding pesawat. Dan selamat jalan… tetaplah dalam dzikir dan doa-doa didalam pesawat. Karena sudah dekat dan mau sampai, marilah kita berdoa sampai tujuan… (sebagaimana tersebut diatas).

         "Permintaan kami yang terakhir kepada jamaah sekalian, apabila sudah sampai di pintu rumah besok, jangan lupa berdoa sebagaimana berikut :

اللهم إني أسالك خير المولج وخير المخرج, بسم الله ولجنا بسم الله خرجنا وعلى ربنا توكلنا. رب أدخلني مدخل صدق وأخرجني مخرج صدق واجعل لي من لدنك سلطانا نصيرا

'Ya Allah aku mohon kepada-Mu sebaik-baiknya masuk dan sebaik-baiknya keluar, dengan nama Allah aku masuk dan nama Allah aku keluar dan kepada Tuhanku akku berserah diri. Tuhanku masukkanlah dengan cara yang benar dan jadikanlah aku orang yang mendapat kekuasaan yang menolong dari sisi-Mu'.


          Setelah ini Kami akan kembali ke Mekkah, esok kami akan merapat dibawah pintu ka'bah untuk berdoa, akan kami sebutkan seluruh nama-nama jamaah yang berbahagia ini didepan Multazam, semoga Allah menguasakan kembali bisa melaksanakan ibadah umroh pada bulan Romadlon dan ibadah haji ditahun-tahun yang akan datang. Amien ya rabbal 'alamien… Demikianlah yang dapat kami sampaikan terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf atas segala kekurangan 'usikum waiyya ya nafsi bitaqwallah!' Marilah kita turun dengan tenang dengan sama-sama membaca basmallah 'bismillahirrohmanirrohim'. Wabillahittaufiq wal hidayah war ridho wal inayah… Wassalamu'alaikum wr. wb…

0 Response to "KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF 7 | Hari Terakhir Umroh dan Haji"

Posting Komentar


PALING BANYAK DIBACA