KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF 6

KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF UMROH 

 (Hari Keenam : EXTRA ZIARAH LUAR KOTA MAKKAH)

"Bismillahirrohmanirrohim…

Assalamu'alaikum wr. wb…

(Setelah pembukaan dan doa safar, sang gaed langsung menerangkan kanan-kiri dalam perjalanan extra ziarah dikota Makkah, dengan diawali sbb).

      "Bapak-bapak Ibu-ibu tamu-tamu Allah dan saudara-saudari sekalian yang berbahagia….
Arah barat Mesjidil Haram, kita temukan pekuburan Subaikah, yakni lokasinya sebelah kanan yang kosong ini, mari sejenak kita ucapkan salam. 'Assalamu'alaikum ya ahlal kubur, ya ahlad diyar ya ahlas subaikah, fainna insyaAllah bikum lahikun…' Selanjutnya, sebelah kiri kita ini adalah jabal umar, yang lagi digusur rumah-rumahnya, dimana yang tergusur disini tidak ada istilah ganti rugi seperti ditanah air kita, yang ada adalah ganti untung, untungnya kadang sampai 7x lipat. Terus sebelah kanan kita ini, dikenallah dengan jabal ka'bah, gunung ka'bah dimana pembangunan ka'bah dahulu, batu-batunya tidak hanya diambil dari gunung tursina dan uhud di madina, tetapi juga diambil dari bebatuan bukit ka'bah sebelah kanan ini, maka diabadikanlah gunung ini menjadi bukit ka'bah. Selanjutnya kita sekarang berada didaerah Hafa'ir, kanan-kiri apartemen-apartemen ini pada waktu haji ditempati oleh jamaah haji Indonesia, termasuk apartemen grand coral hotel yang dibelakang, mesjid jami' disamping hotel grand coral ini adalah namanya mesjid bin Ladin, jadi pada waktu haji daerah ini berubah menjadi kota Indonesia karena hampir 75% lokasi kanan kiri apartemen ini ditempati oleh jamaah haji Indonesia yang menempati arah barat mesjidil haram.

       Sekarang kita diatas jembatan dimana dibawah kanan kiri ini dikenallah dengan syari' al-mansur atau jalan al-mansur, pembukanan jalan ini yang pertama adalah pangeran mansur lalu diabadikanlah jalan ini menjadi jalan al-mansur, yang menempati lokasi kanan-kiri sepanjang perjalanan ini adalah kebanyakan mereka yang datang dari afrika khususnya Negara Nigeria, baik yang sudah resmi menjadi warga arab Saudi atau  yang datang secara illegal berkumpul dilokasi ini, pada waktu haji yang menempati apartemen-apartemen ini juga adalah jamaah haji yang datang  kebanyakan dari afrika. Selanjutnya pula kita melalu jalur ummul quro yang artinya induk desa-desa atau dikenal pula dengan perkampungan tua, yang merupakan sebutan lain dari kota Makkah, maka nama ummul quro dikota makkah tidak hanya nama universitas, hotel atau toko-toko lainnya tapi juga nama sebuah jalur yang kita lalui ini. Sebentar lagi kita akan melihat didepan kanan-kiri dikenallah dengan syari'sittien atau jalan enam-puluh, disebut demikian karena Kerajaan Saudi Arabia tercetus sebagai yang memproklamasikan pada tahun l932 tidak hanya raja yang pertama raja Abdul Aziz tapi dibantu pula oleh 59 sahabat mereka yang ikut andil terbentuknya kerajaan ini, mereka-mereka diantaranya bin ladien yang oleh raja abd. Aziz diberi fasilitas khusus menjadi kontraktor terkenal timur-tengah karena jasanya pada terbentuknya kerajaan ini, juga bin dawood super market terbesar dikerajaan ini, ada juga bin gabus, bin mahfud dan bin-bin lainnya, yang atas jasanya mereka-mereka sampai anak keturunanya tetap mendapatkan warisan fasilitas terpenting.

          Kedepan lagi daerah ini dikenal dengan daerah ummul-jud, nampak didepan hotel intercontinental makkah, dimana pada waktu bulan sya'ban didalamnya selalu diadakan lomba MTQ (musabaqah tilawatil qur'an) seluruh dunia, para peserta lomba setelah menyelesaikan perlombaaan, diberi kesempatan oleh gubernur kota makkah untuk masuk ke dalam ka'bah dengan pengawalan tentara yang ketat disekitar ka'bah, mereka yang tidak mempunyai kartu pengenal maka tidak diperkenankan masuk, sedangkan bapak-ibu sekalian cukuplah masuk sholat sunnat di hijir ismail sama juga pahalanya sholat didalam ka'bah. Didalam ka'bah mereka yang berpengalaman masuk kedalamnya adalah dindingnya dihiasi dengan kiswah/kelambu ka'bah warna hijau dengan kaligrafi benang emas yang nanti kita akan lihat pada waktu di pabrik kiswah, juga didalam ka'bah ada lampu-lampu penerang dalam ka'bah zaman-zaman dahulu yang diberikan oleh para penguasa yang pernah menguasai makkah, juga didalamnya ada tiang-tiap penyangga loteng ka'bah dll.

         Baiklah kedepan lagi sebelah kanan ini adalah 'robithoh alam islami' = liga muslim world, atau ikatan dunia islam yang berpusat di kota makkah, maka kantor pusatnya didepan ini gedung warna putih, apapun keluh kesah yang datang dari dunia islam maka dikantor inilah mereka juga ikut andil mengatasinya, berikut juga sumbangan-sumbangan dalam membantu Negara-negara dunia islam diputuskanlah didalam kantor ini, dll. Sebelah kiri kita banyak bentuk-bentuk sekolah arab, ada ibtidaiyyah (SD) ada juga mutawassid (SMP) dan juga ada tsanawiyah (SMA), sedangkan untuk perguruan tinggi cukup Universitas Ummul Quro, yang kemaren kami tunjukan waktu dekat arafah untuk yang laki-laki, sedangkan untuk wanita kampusnya di daerah zahir jalan yang menuju ke tan'iem. Selanjutnya jalur ini ke depan adalah jalur makkah Jeddah yang lama, tidaklah semulus jalur yang baru yang besok kita akan lalui, di jalur ini kanan kiri adalah tempat peristirahatan orang-orang arab, bagi yang mampu mereka pada membuat villa-villa seperti didepan ada villa yaqutah dll, sedangkan bagi yang kurang mampu cukuplah membuat gubuk-gubuk kecil sebelah kanan kita ini, yang dilengkapi tv berprabola dan tempat main bola anak-anak mereka, selain gubuk-gubuk kecil ini juga ada kandang-kandang kambing, jadi kebiasaan orang arab makkah saat ini, pada malam kamis dan jum'at yang merupakan week-end (akhir mingggu) nya, mereka membawa keluarganya ketempat ini, untuk sekedar rekreasi atau ingin mengenang nenek moyang mereka yang dulunya biasa hidup dibeberapa gubuk yang nomanden (pindah-pindah).

1. Ladang Unta        

          Jamaah yang berbahagia, tujuan ziarah kita yang pertama adalah ladang unta/tempat pembelian susu unta, kita ketahui bahwa unta-unta adalah binatang peliharaan tanah padang pasir dan pegunungan dan merupakan binatang yang kuat menahan lapar dan haus, terbukti zaman dahulu, unta-unta ketika membawa rombongan jamaah haji kadang tidak makan apalagi minum dalam jangka satu minggu, kenapa demikian karena didalam perut unta tersimpan kandungan makanan dan minuman yang bisa bertahan satu minggu, maka ziarah kita diladang unta ini, tidak hanya kita lihat unta-unta diperah susunya, tapi hendaknya kita juga membeli susu unta, yang dijual oleh orang unta satu botol aqua cukup lima real, susu unta ini berkhasiat untuk membersihkan kotoran dalam perut, yang sering kena penyakit batu, susu untalah obatnya dan yang sering kita dihantui penyakit mual, mules, perih dan kembung kalo di Indonesia adalah promag obatnya maka disini susu unta obatnya, bagi yang tidak kena penyakit diatas, susu unta juga berkhasiat untuk memberikan stamina kuat untuk bapak-bapak dalam memberikan nafkah batin sama sang isteri, serta ibu-ibu pekerja berat dikantor atau tempat lainnya, maka susu unta ini juga berkhasiat menghilangkan sifat loyo dan malas.

         Susu unta yang akan kita beli semuanya fresh langsung diperah langsung kita bisa minum, tidak jauh berbeda dengan susu sapi, maka kami harap jamaah jangan takut untuk meminumnya karena ini adalah obat. Nah karena kita mau sampai, didepan yang bergerombol dikandang itu adalah unta-unta betina, sedangkan yang terpisah satu unta disampingnya adalah unta jantan, jadi satu jantan unta yang terpisah itu bisa mengawini unta-unta betina sampai 25 unta, maka dipisahi biar tidak kawin melulu. Bapak-ibu sekalian lansung saja transaksi sama tukang unta untuk membeli susunya dan langsung saja minum, andai ada yang dibawa ke tanah air boleh, tapi harus fresh masukkan dalam kulkas dihotel, dipesawatpun titip sama pramugari untuk diletakkan didalam kulkas. Karena sudah sampai, kita punya waktu sekitar 20 menit, marilah kita turun sama-sama membaca basmallah…

2. Meqat Hudaibiyah

        Jamaah yang berbahagia ziarah kita yang kedua adalah ke meqat hudaibiyah…
Sejarah mengatakan pada tahun ke-6 H., tercapailah kesepakatan untuk membuat perjanjian atara para pemimpin kaum kafir Makkah dengan Nabi SAW.  disebuah wilayah yang bernama Hudaibiyah sekarang bernama Syamisah/Syumaisi. Banyak butir-butir kesepakatan dalam perjanjian ini yang sepintas tampak merugikan muslim dan membingungkan bagi sebagian sahabat Nabi, namun hal ini kemudian berubah membuahkan kemenangan yang luar biasa bagi ummat Islam dan sekaligus membuktikan bahwa Rasulullah sangat bijak dalam pemikiran dan berwawasan jauh ke depan.

        Para penyembah berhala di kota Makkah telah mengusir Rasulullah dan para sahabatnya dan pengikut beliau dari kampung halaman mereka sendiri di Makkah hanya karena sebuah alas an yakni, karena mereka menyembah Tuhan Yang Maha Esa. Kaum kafir itu juga menyulut tiga peperangan besar melawan orang-orang mu'min (Badar, Uhud dan Ahzab), dengan tujuan mengenyahkan ummat Islam dari permukaan bumi. Sementara itu Rasulullah memperoleh mimpi bahwa beliau dan para sahabat sedang berada di Makkah dalam rangka ibadah umrah. Rasul pun menceritakan perihal mimpi beliau ini kepada para sahabatnya, karena mimpi Rasulullah selalu benar, maka beliau memaklumatkan persiapan perjalanan ibadah umrah. Bahkan penduduk desa-desa disekitar kota Madina diajak serta. Sebagian besar orang-orang dusun itu tidak bersedia, malahan meniupkan kabar bahwa Rasulullah bermaksud membawa mereka kedalam peperangan  melawan kaum quraisy Makkah yang begitu perkasa, karena beliau bermaksud menjerumuskan mereka dalam kehancuran, alqur'an surat Al-Fath ayat 12 :

بل ظننتم أن لن ينقلب الرسول والمؤمنون إلى أهليهم أبدا وزين ذلك فى قلوبكم وظننتم ظن السوء وكنتم قوما بورا

'Tetapi kamu menyangka bahwa Rasul dan orang-orang mukmin tidak sekali-kali akan kembali kepada keluarga mereka selama-lamanya dan syetan telah menjadikan kamu memandang baik dalam hatimu persangkaan itu, dan kamu telah menyangka dengan sangkaan yang buruk dan kamu menjadi kaum yang binasa'.

           Rasulullah berangkat dari Madina menuju Makkah untuk ibadah umrah bersama 1400 sahabat.
Mereka telah berpakaian ihram dan membawa binatang ternak untuk korban. Manakala rombongan  telah mencapai pinggiran kota Makkah, mereka dapati kaum kafir dengan persenjataan lengkap menghentikan perjalanan mereka dan melarang mereka memasuki Makkah. Khalid bin Walid yang pada waktu itu belum beriman, dengan pasukannya telah siap menyerang rombongan muslimin dan mereka telah juga menduduki tempat-tempat yang terdapat mata air.

         Singkat sejarah, ketika terdengar kabar burung bahwa Sayyidina Utsman dan 10 orang Muslim di tahan dan dibunuh, segera Rasulullah mengumpulkan seluruh mukminin dibawah sebuah pohon dan mengambil sumpah mereka untuk bersedia berjihad memerangi orang-orang kafir. Maka segera saja setiap Muslim satu persatu berba'at (bersumpah) dengan cara meletakkan tangannya ke atas tangan Rasulullah. Terakhir beliau meletakkan satu tangan beliau sendiri keatas tangan beliau yang sambil mengatakan bahwa yang satu adalah tangan Utsman, dengan demikian beliau telah mewakili Utsman berba'at. Ini adalah salah satu penghormatan unik terhadap Utsman dimana Rasulullah mengibaratkan tangan beliau sebagai tangan Utsman. Sementara itu, Utsman telah kembali ke tengah-tengah rombongan mukminin, maka iapun bisa berba'at untuk dirinya sendiri. Allah sangat menyukai sumpalh yang telah diucapkan oleh para sahabat ini, mari kita simak firman Allah surat al-Fath ayat 18 :

لقد رضي الله عن المؤمنين إذيبايعونك تحت الشجرة فعلم ما فى قلوبهم فأنزل السكينة عليهم وأثبهم فتحا قريبا

 'Sesungguhnya Allah telah ridho terhadap orang-orang mukmin ketika mereka berjanji setiap kepadamu di bawah pohon, maka Allah mengetahui apa yang ada dalam hati mereka lalu menurunkan ketenangan atas mereka dan memberi balasan kepada mereka dengan kemenangan yang dekat (waktunya)'.

          Mereka yang ikut serta dalam peristiwa bai'aturridwan ini telah di beri penghormatan besar oleh Allah dan Rasulnya. Diriwayatkan oleh Jabir bahwasanya Rasulullah bersabda 'Kalian adalah manusia-manusia terbaik yang hidup dimuka bumi'. Ummu Basyar meriwayatkan Rasulullah bersabda 'mereka yang telah berikrar dibawah pohon ini tidak akan masuk Neraka'. Dengan demikian mereka memperoleh nikmat syurga atas ikrar yang telah mereka ucapkan, sebagaimana Allah juga telah menjanjikan syurga bagi setiap mukmin yang ikut serta dalam perang Badar. (Syajaraturridwan itu sudah tidak ada lagi, ditebang pada waktu pemerintahan sayyidina Umar, karena banyak orang berbuat kurafat).

Usulan isi Perjanjian Hudaibiyah adalah sebagaimana berikut :
l. Muhammad (SAW) dan para pengikutnya tidak akan masuk ke Makkah pada tahun                    ini. Mereka diijinkan berkunjung ke Makkah pada tahun depan selama tiga hari.
2. Kedua belah pihak tidak akan saling menyerang satu sama lain selama sepuluh tahun.
3. Suku-suku yang lain bebas memilih untuk bergabung dengan muslimin ataupun dengan kaum quraisy sebagai kawan mereka.
4. Jika seorang dari quraisy membelot kepada pihak Muslim, maka Muhammad (SAW) akan mengembalikan orang tersebut kepada kaum quraisy. Namun jika seseorang membelot dari Muhammad (SAW) dan meminta perlindungan kepada kaum quraisy, maka orang tersebut tidak akan dikembalikan kepada Muhammad (SAW).
Perjanjian Hudaibiyah ini telah membuahkan konsekwensi dalam banyak hal yang berjangkauan jauh kedepan bagi kaum mukminin.

        Jamaah yang berbahagia… sesungguhnya panjang sejarah Hudaibiyah ini, yang tidak mungkin kami sampaikan semua dalam bus ini, karena tempat dan lokasi yang tidak memungkinkan. Karena l km lagi kita akan sampai ke mesjid meqat hudaibiyah, baiklah jamaah… di depan kita ini, lihat ada 2 tugu baru dan tugu lama, yang merupakan pembatas tanah haram dari arah barat, setelah tugu ini kita masuk tanah halal, setengah kilo dari tugu ini kedepan maka kita akan sampai ke  mesjid meqat Hudaibiyah, mesjid yang nampak sekarang adalah mesjid hudaibiyah yang baru, sedangkan bangunan yang lama sudah rontok, tapi masih terbekas batu-batu rontokannya itu, letaknya samping kanan dari mesjid jika menghadap kiblat. Kami harap bapak-ibu sekalian yang ingin mengambil umroh optional dengan meqat hudaibiyah, untuk mempersiapkan diri, bagi yang belum berpakaian ihram hendaknya berpakaian ihram dimesjid ini lalu ambil wudhu' tegakkan sholat tahiiyyatul mesjid dan sholat sunnat ihram dan niat kita bersama-sama didalam bus, bagi jamaah yang tidak mengambil meqat sebaiknya juga turun untuk foto bersama dan kemudian ambil wudhu' untuk melaksanakan sholat tahiyyatul mesjid juga. Marilah kita turun sama-sama dengan membaca basmallah…

3. Kiswah (kelambu) Ka'bah dan Museum Ka'bah

         (Setelah berkumpul semua jamaah didalam bus, lalu sang gaed sebagaimana biasa hendaklah memimpin pembacaan niat dan talbiyah sampai masuk tanah haram dan baca doa masuk tanah haram, sebagaimana tersebut diatas pula).
"Bapak-bapak dan ibu-ibu yang terhormat, saudara-saudari sekalian yang berbahagia.!
Ziarah kita selanjutnya adalah mengunjungi kiswah ka'bah, kenal dulu sejarahnya adalah : kain penutup Ka'bah yang berwarna hitam berfungsi sebagai 'pembungkus'. Kiswah tergantung dari atap sampai ke kaki, diikatkan pada gelang-gelang  tembaga agar tidak mudah dijangkau oleh tangan usil yang hendak meyobek atau menyayat kain kiswah untuk dijadikan 'jimat'. Lipatan itu dilapisi kain putih sebagai tanda bahwa ka'bah dalam keadaan ihram. Pada tanggal 10 Zulhijjah, ketika jamaah haji wukuf dan berada di Mina, kiswah dan kain penutup Makam Ibrahim diganti dengan yang baru. Pada kiswah, selain motif-motif kembang terdapat juga sulaman kaligrafi kalimat syahadat 'Allah jalla jalalah, La ilaha illallah, Muhammad Rasulullah'. Terdiri atas 47 potong kain, lebar seluruh kiswah adalah 658 Mpersegi. Masing-masing panjangnya 14 meter dan lebarnya 95 cm. Cukup lebar untuk menutupi ka'bah pada keempat sisinya. Kiswah dibuat dari bahan sutera asli warna hitam, yang tingginya mencapai 14 meter. Di bagian atas terdapat sabut selebar 95 cm, dengan panjang 47m. Masing-masing ditulisi ayat-ayat al-Qur'an, dan tiap-tiap kaligrafi dikelilingi dua bingkai ornament Islam. Baik tulisan ayat maupun ornamen dibentuk dengan sulaman timbul, menggunakan benang perak dan emas. Selain itu ada enam ayat dibordir di bawah sabuk ka'bah. Di pintu Ka'bah juga diberi kiswah yang tingginya 7,5 m. dan lebarnya 4 m. Seluruh kiswah dibagian ini juga dihias dengan ayat-ayat Al-qur'an dan ornamen Islam.

         17.000.000,- Saudi Real, harga atau ongkos pembuatan kiswah yang dibuat secara khusus oleh satu pabrik di Mekkah ini cukup mahal yaitu 17 juta real Saudi. Dana sebesar itu digunakan membeli 670 kg bahan sutera serta 120 kg emas dan perak yang dipakai untuk menghiasi kiswah. Pabrik pembuat kiswah memperkerjakan tidak kurang 240 orang, terdiri atas tenaga kasar, staf, seniman dan tenaga administrasi. Mereka dibagi kedalam enam bagian, bagian pembuatan sabuk, tenunan tangan, pencelupan, tenunan mekanik, percetakan dan tutup dalam ka'bah. Kiswah adalah karya masal dan mahal, hasil tangan-tangan terampil yang bekerja secara tekun.               

Bapak ibu sekalian… semua keterangan kami diatas akan kita dapati didalam pabrik kiswah ka'bah yang sebentar lagi kita akan sampai, adapun tentang Museum Ka'bah yang akan juga kita  kunjungi, adalah Museum ini terbuat pada tahun 2004, Museum ini bernama Museum Khodimul Haramain Syarifain (pelayan dua tanah suci makkah dan medinah) gelar raja Fahd bin Abd. Aziz, yang telah berjasa pembuatan museum ini. Sebelum dibuatnya Museum, bekas-bekas peninggalan Ka'bah dan sekitarnya juga tentang mesjid Nabawi zaman dulu, terpisah jauh tidaklah pada satu tempat, ada yang di Riyadh Ibukota Kerajaan Saudi Arabia, ada yang di India, di Mesir, Turky dan tempat lainnya.

         Di dalam Museum ini pertama kita masuk, akan kita jumpai market miniatur bentuk Masjidil Haram dan Mesjid Nabawi yang sekarang, kedepan lagi kita akan lihat tangga untuk masuk kedalam ka'bah sekitar 100 tahun yang lalu, juga bentuk kurung maqom Ibrahim yang lalu, dan beberapa tiang-tiang penyangga marmer sebagian dari kayu kuno bekas dari mesjidil haram, di dinding museum ditempelkan beberapa kiswah-kiswah ka'bah jaman dahulu buatan India ada juga yang buatan Mesir dll, yang ditengah dari museum ini kita akan melihat dua orang yang sedang merajut kiswah yang baru dengan tangan (hand-made). Kedepan lagi dari museum itu kita akan dapati talang emas (pancuran) yang dulu, dan al-qur'an zaman pemerintahan Sayyidina Utsman bin Affan, dan juga kita akan dapati pintu-pintu bekas dari Mesjid Nabawi khususnya pintu babussalam.

          Terakhir dari kunjungan kita dapati bentuk sumur zamzam yang lama yang masih tradisional, dan beberapa gambar sumur zamzam zaman dahulu dan jamaah-jamaah haji yang sedang meminumnya, disekitar itu pula kita temukan beberapa koin uang logam yang dibuang oleh jamaah haji, terakhir sebagai penghargaan biasanya para penziarah ke museum ka'bah atau pabrik kiswah, memberikan cindera mata sebagai kenang-kenangan atas kunjungan kita. Karena sudah sampai marilah kita turun dengan tenang dengan sama-sama baca basmallah… bismillahirrohmanirrohim… wassalamu'alaikum wr. wb.  

(Setelah itu kembali ke bus, dilanjutkan dengan pembacaan talbiyah, dan menerangkan kembali kanan-kiri, sampai menjelang hotel, dan beberapa pengumuman, bahwa pelaksanaan tawaf sai pagi ini adalah optional, bisa diantar dan bisa sendiri jamaah melaksanakannya, karena tidak semua ikut umroh, yang terpenting, beberapa pengumuman tentang check-out kita ke kota Jeddah esok siang sesuai dengan pengumuman yang ditempel di ruang restaurant, yang diawali dengan tawaf wada' setelah dhuhur, jadi barang-barang jam 10 pagi harap dikumpulkan didepan kamar masing-masing, sholat dhuhur dan ashar dijama' taqdim didalam mesjidil haram, setelah sholat harap seluruh jamaah berkumpul di bawah papan warna hijau untuk tawaf wada', balik hotel makan siang, jam 14.00 start ke Jeddah city-tour. Dan akhiri perjalanan extra ziarah ini dengan membaca doa sampai tujuan, dan memperingati barang-barang tidak ada yang ketinggalan didalam bus ini, dan akhiri dengan salam dengan penuh ta'dzim kesetiap jamaah).

Catatan :


Diusahakan, sang gaed dalam empat hari jamaah berada dikota Mekkah memprogramkan sore hari habis sholat Ashar, dua kali diadakan tausiyah atau pengajian lainnya di ruang restarurant, dengan mempersilahkan ustadz biro perjalanan itu sebagai penceramah tunggal, jika tidak ada ustadznya, tidak segan-segan sang gaed juga memberikan banyak tausiyah untuk peningkatan iman dan taqwa jamaah.

0 Response to "KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF 6"

Posting Komentar


PALING BANYAK DIBACA