KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF 3

KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF UMROH 

( Hari Ketiga : ZIARAH LUAR KOTA MADINAH )

Pada waktu sarapan pagi sang gaed sekali lagi hendaknya lebih awal ke restaurant untuk mengecek kesiapan buffet itu sendiri, dan mempersilahkan jamaah untuk sarapan pagi juga mengingatkan jamaah agar berdoa sebelum dan sesudah makan serta menegur yang makan berdiri dan makan pakai tangan kiri khusunya pada waktu minum dan makan krupuk yang sering terjadi.
Setelah itu mengingatkan kembali bahwa jam 06.30 tepat sudah siap dilobby dalam keadaan berwudlu berpakaian yang rapi dan sopan khusunya ibu-ibu diwajibkan pakai mukena dan kain panjang dan laranglah apabila pakaian celana levis dan jeans dan berbaju ketat, ini tugas gaed, dan jam 06.00 kembali sang gaed menelpon perkamar, dengan sikap pada waktu ziarah makam dan raudhoh.

          Sang gaed selalu kontak bus dengan syarikat bus dan perwakilan itu sendiri untuk memberitahukan lebih awal datang jam 06.00 agar bus sudah stand-by didepan hotel. Setelah jamaah di bus semua dan bus akan bergerak, kembali sang gaed sebagaimana biasa berdiri menghadap jamaah dengan penuh wibawa untuk salam :

"Assalamu'alaikum wr.wb.,
 الحمد لله رب العالمين وصلى الله على سيدنا محمد فى الأولين وصلى الله على سيدنا محمد فى الأخرين وصلى الله على سيدنا محمد فى الملاء الأعلى إلى يوم الدين ....... أما   بعد                                                                   

(Setelah pembukan lalu baca doa safar bersama sebagaimana diatas, setelah itu pula sebaiknya sang gaed duduk ditempat gaed didepan agar bisa menerangkan kanan-kiri sepanjang perjalanan karena kepuasan jamaah adalah kemampuan sang gaed menerangkan kanan-kiri yang dilihatnya disesuaikan dengan dalil yang ada pula, ketika bus melintas didepan mesjid ijabah katakanlah) :

"Jamaah yang berbahagia…

       Kita kenang dulu kota Madinah tercinta ini, Madina adalah nama yang digunakan Rasulullah untuk mengganti nama kota Yatsrib, yaitu salah satu dari 2 kota suci ummad Islam di Saudi Arabia. Pada zaman Nabi SAW dan Khulafa'ur Rosyidin (empat khalifah pengganti Nabi), kota ini menjadi pusat dakwah dan basis pengembangan ajaran Islam sekaligus ibu kota Kerajaan Islam pertama di dunia.

Dari kota Madinah inilah agama Islam memancarkan cahaya Syariah Islamiah sehingga diberi gelar 'Al-Madinah Al-Munawarah' yang artinya Madinah yang bercahaya. Selain gelar tersebut, Madinah masih memiliki 93 nama lain, diantaranya Madinah an-Nabi (Madinah kota Nabi), Madinah ar-Rasul (Madinah kota Rasul). Ini adalah salah satu bukti dan tanda kebesaran sebuah kota.

Kesuburan tanahnya kota Madinah ini tidak seperti di Makkah yang benar-benar gersang, di Madinah terdapat banyak areal tanah subur dan oase-oase (sumber air) yang dapat ditanami buah dan sayur-sayuran. Kesuburan tanah ini tidak akan musnah atau berkurang tetapi akan terus bertambah dan berkembang mengimbangi pertumbuhan dan kebutuhan orang-orang mukmin dan jamaah haji yang datang ke kota ini. Ini karena tanah Madinah memiliki mu'jizat atau setidaknya berkah khusus karena Rasulullah pernah memohon kepada Allah SWT sbb :

                         'Ya Allah berilah Madinah ini dua kali berkah yang Kau berikan kepada Makkah'

Jadi semua yang ada dan tumbuh di Madinah memiliki nilai keberokahan dua kali lipat dibandingkan dengan yang ada di Makkah. Padahal Makkah sendiri sudah demikian besar berkahnya karena Allah telah mengabulkan permintaan Nabi Ibrahim AS., agar Makkah tidak kekurangan dari segala kebutuhan hidup termasuk buah-buahan".

1. Mesjid-mesjid sekitar mesjid nabawi dan pekuburan baqi'

           "Bapak-bapak ibu-ibu tamu-tamu Allah yang dimulyakan oleh Allah, saudara-saudari sekalian dan adik-adik yang berbahagia…! Disebelah kiri kita adalah mesjid yang bersejarah namanya mesjid Ijabah, di mesjid inilah Rasulullah pernah sholat dua rakaat setelah itu Rasulullah berdoa mohon kepada Allah tiga perkara, dua doa diterima dan yang ketiga tertolak. Pertama Rasulullah mohon kepada Allah agar Allah tidak menghancurkan  ummatnya karena kelaparan atau narkoba, kedua Rasulullah mohon kepada Allah agar Allah tidak menghancurkan ummatnya karena korban banjir, ketiga Rasulullah berdoa kepada Allah agar Allah menyelamatkan ummatnya dari perkelahian antar diri mereka, inilah yang tertolak. Maka dua doa yang dikabulkan dalam bahasa arabnya ijabah, diabadikanlah tempat ini menjadi mesjid ijabah.

        Jamaah… sebelah kanan kita adalah rumah masa depan kita, diminta ataupun tidak diminta kita akan menyusul mereka-mereka yang dikuburkan disebelah kanan kita ini, inilah pekuburan baqi' alqorqod" (sang gaed minta kepada pak sopir untuk berhenti sejenak) karena ibu-ibu tidak diperkenankan masuk kedalam pekuburan ini kecuali bapak-bapak kemaren telah berziarah bersama, maka tak salahlah kalau kita baca salam dan dan doa bagi ahli baqi' dari dalam bus ini (salam dan doanya sebagaimana  teersebut diatas)

        "Besok pada hari kebangkitan orang yang pertama yang akan dibangkitkan dari alam kubur adalah Rasulullah SAW., kemudian Abu Bakar, kemudian Umar kemudian ahli baqi' kemudian ahli ma'lah Mekkah dan seterusnya yang lain-lain. Barang siapa yang meninggal di kota madinah atau di makkah dalam keadaan beribadah dengan izin Allah, bukan karena bunuh diri, maka mati kita husnul khotimah dan akan mendapatkan pahala syahid serta akan dimasukkan ke dalam surga Allah dengan surga firdaus. Anehnya dipekuburan ini, kalau di Jakarta kuburan yang digusur untuk perluasan hotel-hotel, tapi disini hotel-hotel yang digusur untuk perluasan pekuburan baqi' ini". (Sekitar sepuluh menit bus berhenti barulah terus bergerak kedepan mengelilingi kedepan mesjid nabawi lalu terangkan ):

          "Bapak-ibu sekalian disebelah kanan kita ada gedung depan mesjid Nabawi, inilah mahkamah kubro/agung yang memutuskan segala hukuman seperti hukum pancung dll, yang pelaksanaan qisosnya dulu didepan mesjid qomamah tapi sekarang dipindahkan sebelah timur baqi didepan gedung markaz hai-ah, terus kita lihat lagi kedepan ada mesjid, namanya mesjid dzannuraini atau mesjid Utsman bin Affan di mesjid ini dulu tempat shaf sholat sayyidinia Utsman ketika mengikuti sholat ied dan sholat ististqo' (sholat minta hujan) bersama Rasulullah dan juga ditempat mesjid ini pernah terjadi pemancungan 70 para yahudi bani quraidhoh, didepan lagi ada mesjid yang banyak kubahnya, mesjid ini adalah mesjid qomamah atau mesjid awan, disinilah Rasulullah memimpin sholat iedul fitri dan iedul adha serta sholat ististqo' yaitu sholat minta hujan, karena madinah pernah mengalami masa paceklik yang sangat panjang, lalu Rasulullah menggelar sholat istisqo', karena khutbah Rasulullah agak kepanjangan sementara terik matahari sangat menyengat lalu datanglah pertolongan Allah berupa awan melindungi Rasulullah dan sahabatnya, jamaah kemudian menjadi tenang dan menjadi betah sampai akhir khotbah selesai, diabadikanlah tempat ini yang dulunya merupakan alun-alun ditengah kota madinah lalu menjadi mesjid gomamah atau mesjid awan, dibelakang mesjid ini ada mesjid Sayyidina Abu Bakar sampingnya lagi mesjid Sayyidina Ali dan di depan  lagi ada mesjid Sayyidina Umar serta didepan sebelah kiri agak kejauhan, kubah hijau kecil itulah mesjid bilal, mesjid-mesjid kecil ini adalah shaf-shaf shalat para sahabat nabi ketika ikut shalat ied dan sholat istitsqo' bersama Rasulullah lalu diabadikanlah menjadi mesjid, semua tempat bersejarah dikota madina dan mekkah tidaklah dibuat patung tapi dibuatlah mesjid, sebelah kanan kita adalah beberapa kedai kurma, pasar kurma ini dibuat tahun l982, jamaah insyaAllah akan kami bawa ke kebun kurmanya langsung yang harganya relatif murah. Sebelah kiri kita Mesjid bilal yang kita lihat ini, adalah kita kenang bilal seorang bekas budak umayyah hitam negro dibebaskan oleh Sayyidina Abubakar, muaddzin Rasulullah, karena kemulyaannya memegang agama tauhid selama hidupnya tidak pernah lepas dari berwudlu' maka Rasulullah pernah mendengar bunyi terumpah (sandal)nya bilal di surga, kenapa? karena bilal selama hidupnya tidak lepas dari wudlu', kitapun jamaah yang dimulyakan oleh Allah hendaklah meniru bilal yang tidak lepas dari wudhu', tidak hanya untuk sholat tapi dalam kegiatan sehari-hari agar dijauhi dari pekerjaan keji dan mungkar seperti korupsi, insyaAllah dengan selalu kita punya wudlu' kita akan dijauhkan darinya, amien…


2. Mesjid quba' dan Mesjid Jum'at

         Jamaah yang dirahmati oleh Allah… Ziarah kita yang pertama adalah Mesjid Quba' mesjid yang difirmankan oleh Allah :  

(لمسجد أسس على التقوى من أول يوم أحق أن تقوم فيه، فيه رجال يحبون أن يتطهروا، والله يحب المطهربن (التوبه 108

'Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar taqwa (mesjid quba'), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat didalamnya, didalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri, dan Allah menyukai orang-orang yang bersih'. Rasulullah bersabda :

من تطهر في بيته ثم أتى مسجد قباء فصلى به ركعتين كان له كأجر العمرة

'Barang siapa yang bersuci diri dari tempat tinggalnya (hotelnya) lalu datang ke mesjid quba' dan sholat dua rokaat didalamnya, maka baginya adalah berpahala satu kali umroh'. Subhanallah belum kita laksanakan umroh kita akan mendapatkan pahala umroh karena kita sholat dialam mesjid quba', maka merugi bagi jamaah yang datang ke medina hanya tujuan ke mesjid nabawi saja, mesjid quba' adalah mesjid yang diistimewakan oleh Allah nomer empat, yang pertama mesjid alharam mekkah karena berpahala 100 ribu, kedua mesjid nabawi karena berpahala 1000, ketiga mesjid aqsho di Palestine karena berpahala 500 dan yang keempat adalah mesjid quba'. Karena keistimewaan tersebut diatas inilah Rasulullah dengan para sahabatnya selalu datang ke mesjid quba' setiap minggu pada hari sabtu baik dengan jalan kaki atau naik unta, sebagaimana diriwayatkan oleh seorang sahabat Nabi :

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم  يأتي إلى مسجد قباء راكبا أوماشيا كل سبت                                         
 'Adalah Rasulullah SAW. selalu datang ke Mesjid Quba' setiap minggu pada hari Sabtu, baik jalan kaki atau naik unta'

(Dengan melalui mesjid jum'ah, sang gaed juga menerangkan) "Disebelah kiri kita nampak mesjid jum'at yang terletak di lembah Ranuna, yang merupakan pertama kali dilaksanakannya sholat jum'at oleh Rasulullah dan para sahabatnya,
peristiwa itu terjadi setelah l4 hari beliau beristirahat di quba dalam perjalanan hijrahnya ke yatsrib (madinah sekarang), setibanya di km 4 dari kota madina, beliau diterima keluarga Bani Amir bin Auf. Hari itu adalah jum'at yang pertama dalam islam peristiwa ini terjadi pada tanggal l6 rabiul awal tahun ke l H. Maka sholat jum'at wajib hukumnya bagi bapak-bapak, dan sunnat bagi ibu-ibu,tapi kami harap ibu-ibu pada jum'at ini ikut juga sholat jum'at di mesjid nabawi karena kita tidak disibukin oleh keluarga, mesjid ini dibuka hanya pada waktu sholat wajib saja dan tidak ada kesunnatan sekarang berhenti lalu sholat didalamnya.

         Yang terpenting didepan kita sudah nampak mesjid quba', bapak-ibu sekalian harap mempersiapkan diri untuk turun, bagi yang masih  punya wudlu' langsung tegakkan sholat dua rokaat tahiuyyatul mesjid, sholat sunnat mutlaq atau sholat sunnat lainnya, berdoa sebentar doakan keluarga kita agar juga bisa sampai kemesjid ini, bagi yang belum punya wudlu harap berwudlu pada tempat yang akan kami tunjukkan, perlu diketahui setelah sholat di mesjid quba' harap berkumpul didepan mesjid untuk kita berfoto bersama dengan latar belakang mesjid, buat kenang-kenangan dan da'wah kita ditanah air dengan spanduk yang kita miliki ini… Jamaah sebelum kita turun lihat sebelah kiri dari mesjid quba' atau sebelah kanan dari bus kita ini dulu disini pernah dibangun mesjid dhiror yang dibangun oleh kaum munafikin yang dibangun untuk memecah-belah kesatuan masyarakat muslim dan juga untuk perlindungan dan membantu musuh islam serta tempat pertemuan sebagai gerbang untuk melawan kaum muslim, tapi karena Allah tidak ridho maka mesjid dhiror ini sudah tidak nampak lagi dihancurkan dan dibakar oleh beberapa sahabat atas perintah dari Rasulullah setelah nabi tahu dari Allah sekembalinya dari perang tabuk, tapi mesjid quba' yang dibangun atas dasar taqwa tetap berdiri megah sebagaimana kita lihat sekarang… marilah kita turun bersama-sama, turun dengan tenang kami beri waktu hanya cukup setengah jam, dan perhatikan letak bus ini parkir didepan sebelah kiri mesjid quba',  sambil kita baca basmalah…bismillahirrohmanirrohim"

(Setelah itu sang gaed memimpin berjalan menuju kemesjid kalau diperlukan pakai bendera, untuk menunjukkan tempat mesjid laki-laki dan tempat mesjid perempuan dan tempat wudhu' itu sendiri).

          Setelah sholat sunnat dan foto bersama didepan mesjid quba' serta berkumpul semua didalam bus, lalu bus begerak, menerangkan kembali "Bapak-bapak ibu-ibu yang berbahagia, Alhamdulillah kita telah melaksanakan sholat sunnat mutlaq didalam mesjid quba' ini, kita berharap mudah-mudahan dibulan-bulan selanjutnya kita dikuasakan untuk bisa melaksanakan sholat didalamnya kembali. Amien…selanjutnya sebelum kita menjauh dari mesjid quba' ini lihatlah sebelah kanan disekitar air mancur ini terletak dulu sumur ariis, ariis adalah nama seorang laki-laki keturunan Yahudi, yang kemudian dijadikan sebagai nama sumur ini, kedalaman sumur ariis sampai 12 meter, dibagian dasarnya terdapat lubang-lubang mata air, yaitu dua lubang menyumberi air pada bagian dasarnya., sedang lubang mata air yang ketiga mengalirkan air berwarna kebiru-biruan yang dijadikan sebagai sumber pokok air minum bagi penduduk Madinah, tentang sumur ariis ini ada hadits nabi yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA. Yaitu : 'Anas bin Malik berkata ; "Nabi telah memakaikan cincin pada tangannya, setelah itu dipakaikannya pada tangan Abu Bakar RA, selanjutnya pada Umar RA. Dan ketika sampai pada tangan Utsman RA, Utsman duduk diatas sumur Ariis ini, kemudian cincin itu dilepaskannya dan dijadikannya sebagai mainan hingga cincin itu terjatuh kedalam sumur, maka kami telah berselisih dengan Utsman selama tiga hari, kemudian kami mengambil air sumur itu hingga hampir kiring,  namun  kami  tidak  menemukan  cincin itu." ( HR. Bukhari).

3. Kebun Kurma

           " Jamaah sekalian yang dirahmati oleh Allah…! Lawatan kita selanjutnya  menuju ke kebun kurma, kita perhatikan kanan kiri kita subur akan buah kurma, karena tanah madina ini memiliki mu'jizat  atau berkah khusus karena Rasulullah pernah memohon pada Allah 'Ya Allah berilah Madina ini dua kali lipat keberokahan yang Kau berikan kepada Mekkah' , jadi semua yang ada dan tumbuh di Madinah memiliki nilai keberokahan dua kali lipat yang ada di Mekkah. Padahal Mekkah sendiri sudah demikian besar berkahnya karena Allah mengabulkan permintaan Nabi Ibrahin agar Mekkah tidak kekurangan dari segala kebutuhan hidup termasuk buah-buahan. Kurma di Madina memiliki nilai istimewa  karena mutu gizinya yang sangat tinggi. Bahkan dapat digunakan untuk obat, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah 'Maka semua rumah penduduk Madina didalamnya tersedia kurma', dengan demikian kurma menjadi komoditi yang laris karena semua penziarah pasti membeli untuk dibawa pulang ketanah airnya.

         Dikebun kurma yang akan kita kunjungi ini ada beberapa jenis kurma, ada kurma safawi, rotana, masruq, sufri, sugawi, selebi, supri, lubnah, sukaria, mabrum, khudri, rabiah, rutob, ambar, ajwah dll. Kurma ajwah (kurma Nabi) mempunyai nilai istimewa tersediri karena di sabadakan oleh Nabi :

                                                 من تصبح سبع تمرات عجوة لم يضر فى ذالك اليوم سم ولا سهر
 'Barang siapa yang pada pagi hari makan tujuh butir buah kurma ajwa, maka baginya akan terhindar dari racun dan sihir pada hari itu juga'. Di kebun kurma ini kita tidak hanya melihat bagaimana kurma tumbuh dan berbuah serta berfoto dengan background ladang kurma, tapi kami harap jamaah bisa berbelanja kurma dikebun ini juga, dikebun ini tidak hanya beberapa jenis kurma tapi dijual berbagai coklat yang terbuat dari kurma, dijual pula kacang-kacangan arab, kismis, buah-tin dan zaitun, juga dijual beberapa pentil dan serbu kurma yang kata penjualnya berkhasiat untuk menyuburkan kandungan wallahua'lam. Bapak ibu sekalian yang ingin memiliki keberakahan hidup hendaklah kurma yang kita miliki nanti ditanah air  terus berkesinambungan, ketika kurma kita mau habis sisain satu untuk beli kurma berikutnya, bisa dikota madina kembali kita beli atau di Ampel Surabaya atau di Jatinegara/Tanah abang Jakarta atau ditempat lainnya ditanah air kita, karena buah kurma adalah buah berokah dan buah surga yang ada didunia. Disebelah kanan kita sudah nampak kebun dan kedai kurma, kami beri waktu cukup hanya 20 menit, marilah kita turun dengan tenang sama-sama baca basmallah…!                     

(Sang gaed tetap memperhatikan jamaah selama dikebun dan menterjemahkannya bahasa arab yang kurang dipaham, serta tetap kontak terus dengan yang memiliki kedai itu, karena terakhir anda akan dikasih hadiah, ambil aja karena itu rejeki anda).

4. Jabal Uhud

          Dua puluh menit telah berlalu di kebun kurma, dan jamaah sudah dalam bus kembali, setelah itu gaed memimpin kembali ziarah selanjutnya "Jamaah tamu-tamu Allah dan tetamu Rasululah yang berbahagia,

Madinah ini adalah 'turobussyifa'=obat penyembuhan, letak lokasinya didepan sebelah kanan lampu merah ini kedepan sekitar itu, dulu masih diperkenankan jamaah masuk kelokasi itu tapi sekarang tidak diperkenankan lagi, tapi kata nabi madinah secara keseluruhan adalah turobussyifa', andaikata dimadina saat ini terjadi hujan debu, mungkin sang dokter akan mengatakan hendaknya kita pakai masker agar terhindar dari flu dan pilek, tapi kami anjurkan hendaknya tidak perlu menutup hidup biarkan debu-debu itu beterbangan karena adalah obat penyembuhan keseluruh tubuh kita. Sebelah kiri kita nampak gunung yang tingginya agak datar warnanya kehitam-hitaman inilah gunung yang pertama kita masuk kota madina malam hari, gunung ini adalah gunung ier yang merupakan pembatas tanah haram rasul dari arah selatan sedangkan arah utara gunung tsur, kalau di makkah ada gunung tsur, maka gunung tsur dimadinah ini lokasinya dibelakang jabal uhud, gunung ini kebalikan dari jabal uhud yang dikenal dengan gunung surga, sedang gunung ier adalah gunung neraka, pada waktu zaman nabi gunung ini mengeluarkan gemuruh yang sangat menakutkan penduduk kota madinah.

         Selanjutnya sebelah kanan kita agak kejauhan yang panjangnya sekitar 7km itulah gunung uhud, gunung yang dikatakan oleh Nabi :       أحد جبل من جبال الجنة 'gunung uhud adalah gunung salah satu gunung surga yang ada didunia ini', sedangkan batu surga yang ada didunia dua yaitu batu hajar aswad dan batu maqom ibrahim. Maka kami harap kepada jamaah ketika mendekati gunung uhud hendaklah perhatikan, tataplah dengan seksama gunung yang warnanya hitam kemerah-merahan, keemas-emasan kalau kita lihat sekarang maka nanti di surga kita akan melihatnya kembali, amien…

Dikatakan pula : أحد يحبنا ونحبه   gunung uhud adalah gunung yang cinta kepada saya dan saya cinta kepada gunung uhud.

         Bukti kecintaan gunung kepada Nabi adalah terjadinya perang uhud yang terjadi pada tahun ke 3 hijrah pada bulan syawal, sejarahnya, datanglah pasukan quraisy menyerbu madina dengan kekuatan 3000 tentara termasuk didalamnya 200 pasukan berkuda, kafeleri/pasukan tukang panah yang dipimpin oleh Khalid bin Walid sebelum masuk islam dan l5 wanita termasuk Hindun bin Utbah, dengan tujuan menuntut balas karena kekalahannya tahun lalu pada waktu perang badar, data ini didapat setelah menerima laporan dari Mus'ab bin Umair yang merupakan duta islam pertama kali dan pemegang bendera angkatan perang muslim, diutus oleh nabi kemekkah. Bermusyawarahlah Nabi dengan para sahabatnya termasuk juga kaum munafikin pimpinan Abdullah bin Ubay, dalam musyawarah kaum munafikin menghendaki peperangan dihadapin didalam kota madina saja, biar orang tua, wanita dan anak-anak bisa melontar tombak dari dalam rumahnya masing-masing, tapi dari para sahabat nabi yang sejati menghendaki peperangan sebaiknya dihadapi diluar kota madina tepatnya dilereng jabal uhud, biar tidak terjadi kerusakan kota madina yang telah di tata dengan rapi.

          Maka berangkatlah 1000 pasukan, tetapi 300 kaum munafikin mengundurkan diri membelot tidak ikut berperang kembali kemedina tinggallah 700, dengan mundurnya kaum munafikin maka tentara islam yang langsung dipimpin oleh Nabi, ternyata tidak menyurutkan keberanian pasukan islam walaupun menghadapi musuh 5x lipat. Rasulullah memasang strategi yang sangat jitu,  menempatkan 50 pasukan kafeleri diatas jabal 'ainain gunung yang mempunyai dua sumber mata air atau jabal rumah=gunung tukang panah, pasukan ini dipimpin oleh Abdullah bin Jubair, dan rasulullah berpesan kalah atau menang jangan sampai turun dari bukit ini, terjadinya peperangan pada pagi hari, pasukan nabi membelakangin matahari sedangkan dari quraisy membentang matahari. Maka berkecamuklah perang uhud ini, dengan siasat yang cerdik pasukan pemanah terus menerus melepaskan panahnya kearah musuh dan banyak menewaskan pembawa bendera quraisy, musuh kemudian lari terbirit-birit meninggalkan medan segala perlengkapan dan logistiknya tertinggal di tangsinya. Melihat itu ke 50 tentara pemanah yang ditugasi diatas bukit 'ainain secara bernafsu turun hendak merampas logistik/ghonimah musuh yang ditinggal lari kecuali komandannya Abdullah bin Jabir dan sembilan lainnya yang taat atas perintah nabi, hal yang demikian dilihat oleh Khalid bin Walid komandan kafir quraisy dibukit sudah kosong lalu ia dan pasukannya melakukan serangan balik dengan memutar jalan kebelakang pasukan islam yang sedang (ephoria) bergembira memperoleh harta rampasan perang. Dan terjadilah malapetaka itu dengan ganas dan dengan mudahnya pasukan quraisy membantai kaum 70 kaum muslimin sekaligus termasuk didalamnya singa padang pasir paman nabi Sayyidina Hamzah bin Abdul Muthollib, yang dibunuh khusus oleh Wahsyi budak negro atas perintah Hindun binti Utbah, yang melampiaskan dendamnya secara keji karena membunuh suaminya pada perang badar, Hindun ingin menelan jantung Hamzah hidup-hidup, wanita ganas tak berperikemanusiaan itu berkali-kali mencoba menelan jantung itu tetapi ia gagal, kemudian seperti orang dila dia bersyair menghujat Hamzah. Komplek makam 70 syuhada' uhud ini sangat sederhana, tanpa batu nisan hanya sekelilingnya dipagar setinggi l,75 meter dan dari pintu gerbang kita dapat melihat kedalam, dibagian tengah terdapat tumpukan batu sebelah kiri dari pandangan kita nanti itulah Sayyidina Hamzah, sebelah kanannya adalah Abdullah bin Jahsy, sisanya dibelakang dua kuburan tersebut.

       Sebelum kita sampai ke jabal uhud, disebelah kiri kita ini ada mesjid namanya mesjid mustaroh (mesjid istirahat), mesjid dimana nabi dan para sahabatnya beristirahat sejenak dalam perjalanan kembali mereka ke medina, setelah usai peperangan uhud.  

         Jamaah… pada waktu zaman nabi Musa dan nabi Harun, keduanya pernah naik ke bukit uhud untuk melihat daerah yang akan menjadi tempat Nabi akhir zaman Muhammad SAW tinggal dan menyebarkan agama tauhid, setelah melihat-lihat  nabi Harun jatuh sakit dan meninggal diatas bukit uhud ini lalu dikuburkan diatas bukit ini, wallahua'lam yang jelas makam para nabi didunia tidak jelas keberadaannya kecuali makam Rasulullah yang wajib kita percayain di kota madina ini.

         Pada waktu zaman Rasulullah, nabi bersama sayyidina Abu bakar, Umar dan Utsman pernah naik ke bukit uhud, setelah naik bukit ini bergetar sangat kencang sekali, lalu nabi menghentakkan kakinya dan berkata 'wahai jabal-uhud berhentilah kamu bergetar karena diatasmu ada aku nabi dan rasul terakhir, diatasmu pula ada Abu-bakar as-Shiddiq yang selalu membenarkan wahyu Allah, dan diatasmu ada dua sahabatku Umar dan Utsman yang nanti akan mati syahid, maka berhentilah kamu bergetar!' Maka dengan kekuasaan Allah bukit Uhud tidak lagi bergetar taat pada perintah Nabi.

          Jamaah… yang berbahagia, karena kita sudah sampai marilah kita turun ke lereng bukit uhud, tujuan utama kita langsung seluruh jamaah untuk menuju kepekuburan syuhada' uhud untuk kita salam dan doa ahlu syuhada' setelah itu, kita lihat-lihat bukit uhud dengan seksama dan kita lihat pula jabal 'ainain, setelah itu diperkenankan kepada jamaah yang berkehendak membeli rumput rumputan ala madinah yang berkhasiat untuk memudahkan bersalin itulah rumput fatimah,
rumput-rumputan lainnya untuk obat mandul, diabetes, kencing manis, obat kolestrol, batuk dll. Bisa jamaah membelinya nanti, Kami beri waktu sekitar 20 menit, dan perhatikanlah letak bus ini di parkir, marilah kita turun sama-sama dengan pasti dan kita baca basmallah…bismillahirrohmanirrohim"

Setelah didepan pekuburan syuhada' uhud, lalu sang gaed memimpin salam dan doa sedang posisi gaed ditengah-tengah jamaah :

السلام عليك يا عم رسول الله سيدنا حمزة بن عبدالمطلب, السلام عليك يا أسد الله و أسد رسو ل الله, السلام عليك يا سيد الشهداء, السلام عليك يا مصعب بن عمير يا قاعد المختار, يامن أثبت قدميه الرماه حتى أتاه اليقين.
السلام عليك ياشهداء أحد. اللهم اجزل ثوابه عن الإسلام و أهله و أفضل الجزاء وارفع درجاتهم و أكرم مقامهم بفضلك وكرمك يا أكرم الأكرمين...

 (Setelah ziarah syuhada' uhud, sang gaed selalu memantau keadaan jamaah disekitar lereng jabal uhud, menggerakkan jamaah untuk cepat kembali ke bus, setelah dibus seluruh jamaah lengkap, sang gaed kembali melengkapi sejarah tentang gunung uhud dan bus sambil bergerak)

"Jamaah… Pekuburan syuhada' uhud tadi adalah bukanlah asal-muasal pertama pada zaman nabi, tetapi dimadina setelah 40 tahun dari penguburan terjadi hujan lebat dan banjir yang mengakibatkan para jasad syuhada' uhud ini mengambang keatas dan dalam keadaan segar-bugar dan masih mengeluarkan darah-darah segar, subhanallah benar janji Allah dalam ayat suci alqur'an :

  ولا تحسبن الذين قتلوا فى سبيل الله أمواتا بل أحياء عند ربهم يرزقون                                                  
'Apakah kamu menyangka bahwa orang syahid di jalan Allah itu mati, tetapi tetap hidup dan disisi Allah selalu dikasih rizki'.


Jamaah… kita hidup juga demikian, kita berharap hidup dalam kemulyaan dan dan mati khusnul khatimah dan dapat pahala syahid, mendapatkan syahid tidak perlu kita datang ke Irak dan Palestine, dalam kehidupan kita sehari-hari yang bapak-bapak bekerja niat ikhlas lillahi ta'ala untuk menghidupi keluarga, lalu ditempat kerjanya meninggal, insyaAllah mati dalam keadaan syahid, ibu-ibu yang berkerja cukup dirumah tangga, niat ikhlas karena Allah maka matipun juga syahid, apalagi adik-adik pelajar yang sekarang lagi nuntut ilmu disekolah kita niat karena Allah, maka pada waktu kita belajar, lalu nyawa kita dicabut oleh Allah maka syahidlah kita, semoga kita semua akhir kunjungan kita didunia ini mendapatkan pahala syahid, sebagaimana syahidnya syuhada' uhud, amien ya rabbal 'alamien…"

0 Response to "KIAT SUKSES SEORANG MUTHAWWIF 3"

Posting Komentar


PALING BANYAK DIBACA