Ms PowerPoint Trik (1) - Membuat Animasi Pull Down Menu

oleh Udin Haeruddin pada 15 Maret 2011 pukul 14:06

Tulisan hari ini tentang Microsoft PowerPoint.

Trik kita adalah cara membuat animasi Menu PullDown. Trik ini cocok untuk presentasi kita sebagai mahasiswa, atau sebagai guru dalam membuat media pembelajaran lebih menarik.

Terus, Menu Pull Down itu apa ya? Menu pull down adalah menu yang muncul ketika kita mengklik atau mengarahkan kursor ke menu tertentu. Kalau di Ms Word, menu File mempunyai Pull Down Menu New, Open, Save, Save As, Print, Close, Exit, dan lain-lain.

Cara membuatnya?
  1. Pada Slide 1, kita buat Menu Utamanya terlebih dahulu, Misalnya: Menu Pendahuluan, Menu Materi, dan Menu Latihan Soal..  Klik menu Pendahuluan, pilih menubar Insert, Action. Pada tab Mouse Click, pilihanHyperlink to, kita pilih slide 3. Untuk menu Latihan Soal, klik menunya, pilih MenuInsert, Action, Mouse Click, Hyperlink to ... pilih Slide 7. Nah untuk Menu Materi,Pilih Menu Insert, Action, Mouse Over, Hyperlink to-- Slide 2.
  2. Slide 2 kita tinggal mengkopi dari Slide 1, dan menambahkan sub menu baru seperti contoh. .    Gunakan Insert - Action untuk me-Link ke Slide yang dituju oleh masing-masing materi.
  3. Nah, masih pada slide 2, kita buat JEBAKAN, yakni dengan membuat KOTAK Transpar
  4.  Hyperlink to, pilih Slide 1. Dengan konsep sebagai berikut: Ketika kita mengarahkan Mouse ke menu Materi, maka akan langsung diarahkan ke Slide 2, ketika mouse kita geser ke luar dari area sub menu materi, kita JEBAK dengan kotak transparan tadi, agar kembali ke Slide 1.
Sebagai contoh, saya lampirkan file di alamat berikut:

Mohon maaf, karena hanya contoh, jadi susunan dan lay out-nya gak karu-karuan.

0 Response to "Ms PowerPoint Trik (1) - Membuat Animasi Pull Down Menu"

Posting Komentar


PALING BANYAK DIBACA